Prajaniti Hindu Indonesia dan Peradah Tolak MLB PHDI

Logo- Prajaniti Hindu Indonesia dan Peradah Indonesia. (Foto: balipuspanews.com)
Logo- Prajaniti Hindu Indonesia dan Peradah Indonesia. (Foto: balipuspanews.com)

JAKARTA, balipuspanews.com – Dua organisasi masyarakat (ormas) keagamaan Hindu, Prajaniti Hindu Indonesia dan Peradah Indonesia menolak hasil Muhasabha Luar Biasa Parisada Hindu Dharma Indonesia (MLB PHDI) yang dilaksanakan di Wantilan Pura Samuan Tiga, Gianyar, Bali pada 18-19 September 2021.

“DPP Prajaniti Indonesia mendukung keputusan Pengurus PHDI Pusat yang dinyatakan dalam press release yang ditandatangani oleh Dharma Adyaksa, Ketua Sabha Walaka, dan Ketua Umum Pengurus Harian untuk menyelenggarakan Mahasabha XII PHDI sesuai AD dan ART (AD/ART) PHDI yang diselenggarakan pada tanggal 28 s.d 31 Oktober 2021,” bunyi pernyataan sikap resmi DPP Prajaniti yang dirilis pada Selasa (21/9/2021).

Pernyataan sikap DPP Prajaniti Indonesia itu ditandatangani Ketua umum Prajaniti Indonesia KS Arsana dan Sekretaris Jenderal Wayan Suyasa.

Selain itu, DPP Prajaniti Indonesia juga mendukung sikap Pengurus PHDI Pusat yang menyatakan bahwa kegiatan sekelompok orang yang mengadakan Mahasabha Luar Biasa PHDI pada 18-19 September 2021 di Bali merupakan kegiatan ilegal/tidak sah.

Untuk itu, Prajaniti Indonesia mengajak warga Hindu di Indonesia, khususnya para tokoh Hindu dan pimpinan organisasi kemasyarakatan Hindu, untuk mengindahkan etika dan profesionalisme dalam berorganisasi serta mengutamakan pelayanan dan karya-karya nyata bagi warga Hindu, masyarakat dan bangsa.

Dukungan yang diberikan Prajaniti Hindu Indonesia kepada PHDI di bawah kepemimpinan Ketua Pengurus Harian PHDI Wisnu Bawa Tenaya dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa AD/ART sebagai produk mahasabha adalah landasan konstitusi tertinggi organisasi yang harus menjadi dasar dan pedoman setiap organisasi termasuk pimpinan PHDI.

Sikap sama disampaikan Perdah Indonesia. Ketua Umum Peradah, I Gede Ariawan dalam keterangan resminya menyatakan Peradah Indonesia sebagai satu-satunya ormas kepemudaaan Hindu di tigkat nasional dan memiliki hak suara dalm mahasabha PHDI menolak hasil MLB PHDI di Wantilan Pura Samuan Tiga, Gianyar, Bali pada 18-19 September 2021.

“DPN Peradah Indonesia mendukung PHDI Pusat di bawah pimpinan Mayjen TNI Purn. Wisnu Bawa Tenaya beserta jajaran sebagai organisasi satu-satunya yang berhak menyelenggarakan mahasabha sesuai dengan AD/ART yang telah disepakati,” ucap Ariawan dalam keterangannya.

Peradah juga menyatakan bahwa PHDI Pusat merupakan satu-satunya majelis tinggi resmi yang mengayomi seluruh umat Hindu di Indonesia.

“DPN Peradah Indonesia mendukung PHDI Pusat untuk segera menyelesaikan segala permasalahan internal yang terjadi dan mendukung penuh pelaksanaan Mahasabha XII sesuai jadwal yang telah disepakati”.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan