Kamis, April 18, 2024
BerandaBulelengPramuka Bentuk Relawan Penanganan Bencana

Pramuka Bentuk Relawan Penanganan Bencana

Singaraja, balipuspanews.com — Gerakan Pramuka membentuk relawan-relawan penanganan bencana yang tergabung dalam wadah Pramuka Peduli.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pembekalan awal secara maraton ke seluruh Kabupaten dan Kota di Bali termasuk di Kabupaten Buleleng.

Secara bertahap, Pramuka Peduli Kwartir Daerah Bali membentuk relawan-relawan penanganan bencana di masing-masing Kabupaten dan Kota. Buleleng sendiri dalam mengawali pembentukan Pramuka Peduli itu melibatkan 60 anggota dari 100 anggota yang direncanakan, namun demikian kegiatan pembekalan tetap berlangsung minggu pagi hingga sore di Aula SMK Negeri 3 Singaraja.

Dalam pembekalan pramuka peduli dengan melibatkan Pramuka Penegak dan Pandega di Kwartir Cabang Buleleng itu diberikan pembekalan terkait dengan keberadaan Pramuka Peduli, kebencanaan maupun masalah penanganan sampah yang diarahkan nantinya pramuka mampu mengelola Bank Sampah.

Ketua Pramuka Peduli Kwartir Daerah Bali, Bagus Parta Wijaya disela-sela kegiatan mengatakan, pembentukan relawan dalam wadah Pramuka Peduli dilakukan secara bertahap dengan masing-masing peserta di Kabupaten dan Kota di Bali sebanyak 100 anggota dan selanjutnya akan dilakukan pertemuan seluruh Bali untuk memantapkan pembekalan yang telah diberikan.

BACA :  Kunjungan Wisatawan Domestik ke Buleleng Naik Signifikan Saat Libur Lebaran

Bagus Parta Wijaya yang juga Andalan Daerah Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarda Bali berharap kegiatan Pramuka Peduli dapat dilakukan seluruh anggota Pramuka di Bali sehingga pembentukan relawan Pramuka Peduli akan mampu sebagai wadah kepedulian kepada masyarakat didalam melakukan antisipasi terhadap potensi bencana maupun penanganan bencana itu sendiri.

Selain memberikan pengenalan terhadap Pramuka Peduli dengan materi kebencanaan dan penanganan yang dilakukan. Kegiatan berlangsung sehari penuh itu juga mengenalkan penanganan sampah, utamanya sampah plastik, dimana nantinya pramuka diharapkan mampu bergerak dan mampu menjadi fasilitator.

Pembentukan relawan Pramuka Peduli menurut rencana akan dilakukan secara bertahap hingga awal bulan Juli mendatang dengan menyasar Pramuka Penegak dan Pandega di Kabupaten dan Kota di Bali, sehingga nantinya seluruh relawan akan mampu menjadi relawan dalam penanganan bencana dan membantu tugas-tugas kebencanaan yang dilakukan pemerintah.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular