Kakwarcab Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka saat acara di Gedung Pramuka Kumarasthana Buleleng.
sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipispanews.com — Kwartir Ranting (Kwaran) dan Satuan Karya Pramuka (Saka) menjadi fokus penguatan pengembangan kepramukaan di Kwarcab Buleleng sebagai ujung tombak pembinaan pramuka ditahun 2019.
Sehingga program kegiatan dan pola pembinaan lebih banyak dilakukan masing-masing Kwaran dan Saka.

Sejumlah program strategis dalam upaya pembinaan kepramukaan di Buleleng melalui penguatan Kwartir Ranting (Kwaran) dan Satuan Karya Pramuka (Saka) dihasilkan melalui pelaksanaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng tahun 2019 yang berlangsung Rabu (10/7) di Gedung Pramuka Kumarasthana Singaraja.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Buleleng, Ir. Dewa Ketut Puspaka, MP., usai membuka pelaksanaan Rakercab mengungkapkan, penguatan program kepramukaan pada tingkat Kwartir Ranting dan Satuan Karya Pramuka menjadi hal yang khusus didalam program kerja tahun 2019 – 2020, sebab melalui ranting ke gugus depan dan kesakaan merupakan ujung tombak pembinaan pramuka dalam upaya pembentukan karakter generasi muda.

“Saya tekankan kembali, bagaimana kita kedepannya pramuka ini bisa melakukan langkah-langkah penguatan terhadap ranting-ranting, penguatan terhadap saka-saka, karena ini ujung tombak kita yang harus kita bangun dengan strategi-strategi yang kongkrit berdasarkan azas-azas kepramukaan,” ungkap Puspaka.

Kakwarcab Buleleng yang juga Sekda Pemkab Buleleng menegaskan, membangun karakter melalui Gerakan Pramuka harus nyata dilakukan, sehingga dalam rakercab diharapkan memberikan hasil secara kongkrit dengan program yang melibatkan seluruh fungsi dan tugas kepramukaan di masing-masing ranting atau kecamatan.

“Jangan sampai nanti membangun karakter melalui Gerakan Pramuka hanya slogan dan hanya pidato-pidato saja, kita ingin di rakercab ini juga dibangun dan dibahas terkait dengan hal-hal ini, termasuk nantinya kita akan duduk bareng dengan Majelis Pembimbing Ranting dan Ranting karena ini penguatan ranting, tentunya kita harus kongkrit berkomunikasi dengan semua ranting-ranting melalui agenda khusus tentunya,” tegasnya.

Selain memfokuskan kegiatan kepramukaan di masing-masing Kwaran dan Saka, beberapa rancangan program pembinaan pramuka juga dihasilkan dalam pelaksanaan rakercab yang dilakukan pembahasan secara detail.

“Bagaimana kita lebih detail lagi terhadap perencanaan-perencanaan kita yang sudah kita susun bersama dengan baik dan terprogram berdasarkan pengalaman-pengalaman kita, Gerakan Pramuka ini aktivitasnya sudah diaudit oleh akuntan yang independen dan tentunya semua bisa kita cerminkan di dalam program-program kita 2019 ini yang harus dimatangkan pelaksanaanya. Karena itu kita tidak ingin ada ganjalan didalam pelaksanaan program-program tersebut,” papar Kakwarcab Buleleng.

Sementara, dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2019 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Buleleng sebagai wahana evaluasi kegiatan tahun 2018 dan menyusun rencana kerja 2019 – 2020 dengan melibatkan pengurus, andalan cabang, dewan kerja cabang (DKC) serta utusan dari kwartir ranting dengan mengusung tema, melalui Rakercab Kita Wujudkan Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Utama Pembentukan Kader Pemimpin Bangsa.