Pramuka Harus Mampu Sebarkan Vibrasi Dasa Darma

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng sekaligus Sekda Buleleng Gede Suyasa sesaat setelah menutup acara Raimuna Cabang Buleleng VII di Lapangan Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng sekaligus Sekda Buleleng Gede Suyasa sesaat setelah menutup acara Raimuna Cabang Buleleng VII di Lapangan Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak

BULELENG, balipuspanews.com – Meski tidak diikuti seluruh Kwartir Ranting di Buleleng, kegiatan Raimuna Cabang Buleleng VII berlangsung di Lapangan Desa Sanggalangit, Kecamatan Gerokgak, Sabtu (29/10/2022), ditutup Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, Gede Suyasa ditandai dengan penyulutan api unggun.

Kakwarcab Suyasa yang juga Sekda Buleleng mengingatkan kepada sejumlah Kwartir Ranting yang tidak mengikuti kegiatan Raimuna Cabang untuk melakukan evaluasi, sehingga kegiatan-kegatan yang dilakukan Kwartir Cabang dapat diikuti dengan baik.

“Kita berharap dalam kegiatan raimuna-raimuna berikutnya seluruh kwarran bisa mengikuti sehingga tidak ada yang tertinggal dan mestinya dari awal kwarran-kwarran yang tidak mengikuti bisa menyampaikan kondisi dan pelaporan sehingga kita bisa mencarikan solusi untuk bisa ikut dalam kegiatan Raimuna,” tegas Suyasa.

Kakwarcab Buleleng juga berharap, pramuka penegak dan pandega yang mengikuti kegiatan Raimuna Cabang untuk mampu menyebarkan vibrasi positif Dasa Darma yang menjadi api suci dalam kegiatan api unggun termasuk juga pengalaman dalam berkegiatan.

“Sepuluh langkah api suci yang sudah didengarkan dan tentunya itu menjadi pedoman penting buat anggota pramuka di masa yang datang. Ingatlah catatan-catatan indah selama kegiatan Raimuna berlangsung, supaya nanti menjadi kesan yang berlaku panjang selama hidup kita dan sampaikan kesan-kesan indah itu kepada seluruh orang termasuk anggota-anggota pramuka yang ada disekitar kita, sehingga pramuka makin berada dihati setiap orang dan setiap insan,” ujar Suyasa.

Disisi lain, Kakwarcab Buleleng memberikan apresiasi positif terhadap sangga kerja yang melaksanakan kegiatan Raimuna Cabang Buleleng VII termasuk para peserta dari sejumlah kwartir ranting atau kecamatan.

“Kegiatan Raimunan VII dapat berjalan dengan baik, lancar tertib rahayu tanpa hambatan yang berarti dan kita bersyukur seluruh peserta dapat memenuhi agenda yang telah dirancang, tidak ada yang mengeluh dan tidak ada fisik yang menurun,” paparnya.

Kakwarcab Gede Suyasa juga melihat berbagai kegiatan yang telah dilakukan selama kegiatan Raimuna Cabang berlangsung.

“Program Raimuna VII menjadi sesuatu yang sangat baik untuk bisa menambah pengetahuan menambah wawasan, menambah keterampilan sekaligus juga menambah interaksi sosial karena bertemu dengan teman-teman ataupun peserta dari berbagai lembaga pendidikan di Buleleng,” ujarnya.

Untuk diketahui, Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar pramuka penegak dan pandega yang dikemas melalui berbagai kegiatan kepramukaan dalam bentuk perkemahan, Raimuna dilakukan secara berjenjang dari tingkat ranting di Kecamatan,Cabang di Kabupaten, daerah di Provinsi hingga ke tingkat nasional.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan