Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBolaPresiden Sepak Bola Prancis Noel Le Graet Diselidiki Atas Tuduhan Pelecehan Seksual

Presiden Sepak Bola Prancis Noel Le Graet Diselidiki Atas Tuduhan Pelecehan Seksual

Berita Bola, Prancis -Presiden Federasi Sepak Bola Prancis, Noel Le Graet, telah diselidiki atas tuduhan pelecehan seksual, kata jaksa penuntut kepada AFP, Selasa.

Penyelidikan dibuka pada hari Senin setelah agen sepak bola Sonia Souid membuat tuduhan terhadap Le Graet dalam perselingkuhan yang mengguncang sepak bola Prancis hanya beberapa minggu setelah Prancis dikalahkan oleh Argentina di final Piala Dunia.

“Dia dengan sangat jelas mengatakan kepada saya di apartemennya bahwa jika saya ingin dia membantu saya, saya harus membiarkannya mengikuti saya,” kata Souid, yang memberikan wawancara kepada harian olahraga L’Equipe dan stasiun radio RMC.

Le Graet telah menjadi presiden FFF sejak 2011 tetapi terpaksa mengundurkan diri pekan lalu sambil menunggu hasil audit federasi yang dilakukan oleh Kementerian Olahraga Prancis.

Pria berusia 81 tahun itu masih secara resmi diakui sebagai presiden oleh badan pengatur dunia FIFA.

Dia menghadapi seruan untuk mengundurkan diri, termasuk dari Menteri Olahraga Amelie Oudea-Castera, setelah apa yang dia akui sebagai “pernyataan canggung” tentang potensi ketertarikan Zinedine Zidane untuk melatih tim nasional Prancis.

BACA :  Jalan Santai Meriahkan Peringatan Hari Koperasi ke-77 di Badung

Le Graet mengatakan dalam sebuah wawancara dengan RMC bahwa dia “bahkan tidak akan menerima teleponnya” ketika ditanya apakah Zidane, pemenang Piala Dunia sebagai pemain dan legenda Prancis sepanjang masa, telah meneleponnya untuk menyatakan minat untuk mengambil alih. sebagai pelatih dari Didier Deschamps.

Deschamps, yang memimpin Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 dan mengawasi perjalanan mereka ke final bulan lalu, baru-baru ini menandatangani kontrak baru untuk tetap sebagai pelatih hingga 2026.

Le Graet, yang mandatnya berjalan hingga 2024, untuk sementara digantikan oleh Philippe Diallo, wakil presiden organisasi tersebut.

Surat kabar Le Monde pertama kali melaporkan pada akhir pekan bahwa Le Graet telah dilaporkan ke kejaksaan oleh pejabat yang melakukan audit badan yang berbasis di Paris itu setelah klaim “kemarahan seksis” diajukan terhadapnya.

Dalam sebuah pernyataan kepada AFP pada hari Sabtu, dia mengatakan dia terkejut dengan bocoran ke media.

“Saya baru saja membaca dengan heran sebuah artikel di Le Monde melaporkan kebocoran laporan audit sementara yang sedang disiapkan,” katanya.

BACA :  Bentengi Diri dari Tantangan Globalisasi dan Dinamika Politik dengan 4 Pilar MPR RI

“Pada tahap ini, saya tidak mengetahui fakta yang dituduhkan kepada saya maupun orang-orang yang berada di belakangnya.

“Secara umum, saya terkejut bahwa informasi dapat diungkapkan meskipun laporan sementara belum dikirimkan kepada saya dan saya belum dapat menyerahkan pengamatan saya.”

Perselingkuhan membayangi sepak bola Prancis segera setelah mereka kalah adu penalti dari Argentina di final epik di Qatar.

Berusaha menjadi tim pertama sejak Brasil 60 tahun lalu yang berhasil mempertahankan Piala Dunia, Prancis bangkit dari ketinggalan dua gol untuk bermain imbang 3-3 di final dengan Kylian Mbappe mencetak hat-trick, sebelum menyerah dalam adu penalti.

Tim putra Prancis kembali beraksi pada akhir Maret saat kampanye kualifikasi Euro 2024 dimulai.

Tim putri Prancis, peringkat kelima dunia, lolos ke Piala Dunia tahun ini, yang berlangsung di Australia dan Selandia Baru pada Juli dan Agustus.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular