Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Pedesaan Kementerian Desa Drs. Mulyadin Malik, M.Si, saat menghadiri sosialisasi pembangunan dan pemanfaatan potensi sumber daya alam kawasan perdesaan Kabupaten Buleleng.
sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com –Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan Kementerian Desa Republik Indonesia mengalokasikan dana stimulan sebesar Rp 1 Miliar di tahun 2019 untuk kawasan perdesaan Baliaga meliputi Desa Sidetapa, Desa Cempaga, Desa Tigawasa, Desa Pedawa dan Desa Banyuseri (SCTP-B), Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam Kawasan Pedesaan Kementerian Desa Drs. Mulyadin Malik, M.Si, saat menghadiri sosialisasi pembangunan dan pemanfaatan potensi sumber daya alam di kawasan perdesaan Kabupaten Buleleng, bertempat di ruang rapat Hotel Aneka Lovina, Jumat (3/5).

Malik menjelaskan, desa sebagai basis utama pembangunan tidak lagi hanya menjadikan objek pembangunan namun sudah menjadi subjek pembangunan. Meski begitu, desa tidak dapat berdiri sendiri sehingga diperlukan sinergitas antar desa agar tumbuh dan berkembang melalui pengelolaan potensi desa secara optimal sehingga percepatan pembangunan desa dan pembangunan ekonomi dapat tercapai.

 

Imbuh Malik, Direktorat pengembangan sumber daya alam pedesaan berkomitmen membangun kawasan yang ada di Buleleng karena Buleleng memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Dan berharap adanya sinergtitas antara Kementerian dan Pemerintah Kabupaten dan juga mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk meningkatkan perekonomian di kawasan pedesaan khususnya di Baliaga.

 

“Kita berikan bantuan berupa dana stimulan Rp 1 Miliar untuk pengembangan kawasan wisata perdesaan Baliaga. Namun kita juga minta komitmen dari daerah terkait kelembagaannya (Bumdes). Sekarang kita masih tunggu musyawarah antar desa (Baliaga) akan membangun  sarana dan prasarana apa untuk pengembangan kawasan pariwisata di Baliaga,” singkatnya.

 

Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buleleng Putu Karuna mewakili Bupati Buleleng ditemui usai sosialisasi menjelaskan, Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Buleleng menjalankan program pemerintah pusat yaitu membangun desa dari pinggiran dan siap memfasilitasi serta mensukseskan program ini dengan cara mengidentifikasi potensi yang ada di Desa.

Karuna berharap melalui program pembangunan dan pemanfaatan potensi sumber daya alam di kawasan perdesaan ini  benar-benar bisa membawa manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan dapat meningkatkan pariwisata budaya di Kabupaten Buleleng.

“Kami dari Pemerintah Daerah sangat siap memfasilitasi program ini. Semoga membawa manfaat untuk perekonomian masyarakat dan kemajuan pariwisata di Buleleng,” terangnya.

Sementara, Perbekel Desa Cempaga Putu Suarjaya mengungkapkan pihaknya saat ini sedang menyiapkan sejumlah proposal pengembangan kawasan pariwisata di Baliaga.

“Proposalnya sudah kami siapkan. Rencana awal kami bangun sarana pendukung pariwisata berupa candi bentar. Selanjutnya kami akan bangun rumah pajang, pasar kawasan untuk mempromosikan kawasan Baliaga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memperoleh masukan atau informasi mengenai pemetaan dan permasalahan pengembangan sumber daya alam berbasis wisata budaya di kawasan pedesaan dengan harapan persamaan persepsi dan mewujudkan keterpaduan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam mengimplementasikan program kegiatan.