Program Satu Data, 17.181 KK Warga Karangasem Belum Terdata

Kepala Bapelitbangda Karangasem, Nyoman Sutirtayasa
Kepala Bapelitbangda Karangasem, Nyoman Sutirtayasa

KARANGASEM, balipuspanews.com Sebanyak 17.181 KK di Kabupaten Karangasem belum terdata dalam program satu data Pemkab Karangasem yang sebentar lagi akan berakhir pada akhir bulan November 2022 ini.

Menurut Kepala Bapelitbangda Kabupaten Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa dikonfirmasi, Selasa (22/11/2022), jumlah tersebut belum bisa dipastikan apakah belum didatangi oleh petugas pendata, karena dari hasil evaluasi selama ini banyak KK yang memang sudah pindah domisili alias tinggal di luar Kabupaten Karangasem dan ada juga beberapa temuan KK tunggal yang sudah meninggal dunia.

“Seperti misalnya kami di Bapelitbangda, dari target 1.658 KK yang diberikan, setelah itu didatangi, sebanyak 283 KK diantaranya tidak berhasil ditemukan, karena ada yang sudah berdomisili diluar Kabupaten, ada juga yang sudah meninggal,” ujarnya.

Baca Juga :  Lebihi Target, Gianyar Raih 4 Emas di Cabor Muaythai

Nantinya, untuk KK yang tidak berhasil ditemukan tersebut pada akhir waktu pendataan akan dibuatkan berita acara bersama perbekel dan kawil di masing – masing desa bahwa membenarkan warga tersebut tinggal diluar Karangasem atau telah meninggal dunia.

Sementara itu berdasarkan data yang diperoleh, total sebanyak 52.714 KK di Kabupaten Karangasem yang akan didata oleh pegawai ASN dan Non ASN yang tersebar di 40 OPD dan instansi Pemda Karangasem.

Sampai saat ini, sebanyak 35.600 KK diantaranya telah berhasil didata, sementara 17.181 masih belum bisa dipastikan apakah belum didatangi petugas atau memang sudah tidak tinggal di Karangasem lagi serta meninggal dunia.

“Nah ini nanti pada akhir pendataan baru bisa diketahui secara pasti, karena saat ini masih ada waktu hingga beberapa hari ke depan,” tutup Sutirtayasa.

Baca Juga :  Rekonstruksi Pembunuhan Anggota Baharkam Polri di Mapolresta Denpasar

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan