Prolanis menghimbau penderita penyakit kronis jaga pola makan
Prolanis menghimbau penderita penyakit kronis jaga pola makan

KARANGASEM, balipuspanews.com – Sejumlah warga yang tergabung dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Sabtu (18/01/2020) pagi berkumpul di Puskesmas Selat, Karangasem untuk turut serta merayakan setahun program tersebut berjalan.

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) ini adalah sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

“ Manfaanya bagi peserta, mereka diberikan pengetahuan tentang berbagai penyakit kronis dan hal – hal yang harus dihindari termasuk cara merawat diri seperti menjaga pola makan, apa saja yang perlu dibatasi terutama dalam mengkonsumsi makanan,” kata I Gusti A. A Ngurah Sinta Yama Sewi selaku pelaksana yang juga sebagai salah satu staf perawat di Puskesmas Selat.

Lanjut Sinta, adapun tujuan program ini adalah untuk mendorong para peserta penyandang penyakit kronis agar mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75 persen peserta terdaftar yang berkunjung ke Faskes Tingkat Pertama (FKTP) memiliki hasil “ baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta yang hadir diajak senam Prolanis serta diberikan edukasi. Untuk kegiatan diluar perayaan ini, para peserta juga diberikan penyuluhan pada setiap pertemuan yang diadakan setiap sebulan sekali pada minggu ketiga dihari Jumat.

Disamping itu, dengan kehiatan prolanis inj juga sebagai salah satu syarat untuk pemenuhan KBK (Kopetensi berbasis Kinerja) yang nantinya akan berpengaruh terhadap pendapatan kapitasi.(igs/tim/bpn)