Upacara Penglukatan Agung yang dilaksanakan oleh Pinandita Sanggraha Nusantara di Pantai Masceti Giannyar, Minggu (12/5) pagi. - Foto: Ketut Catur
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, Balipuspanews.com – Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) melaksanakan upacara Penglukatan Agung Banyu Pinaruh yang diadakan sehari setelah saraswati di Pantai Masceti, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Minggu (12/5) pagi.

Upacara yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Gianyar ini dipuput oleh tiga sulinggih yaitu Ida Pedanda Kekeran, Ida Budha dari Gria Pliatan dan Ida Pedanda dari Gria Kawan.

Menurut Ketua Panitia PSN Jero Mangku Nyoman Sudiana, SH,, menjelaskan bahwa upacara ini merupakan upacara penglukatan agung atau Pangweruh yang dilaksanakan oleh PSN bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gianyar serta Kementrian Agama Kabupaten Gianyar.

“Upacara pangweruh ini dilaksanan di Pantai Masceti dari hasil kerjasama PSN dengan Pemkab serta Kementrian Agama Gianyar,” ujarnya saat ditemui Balipuspanews.com di sela-sela acara.

Jero Mangku Nyoman Sudiana melanjutkan bahwa acara ini dilaksanakan melibatkan seluruh pinandita anggota PSN di Kabupaten Gianyar dan acara penglukatan agung ini sertak dilaksanakan diseluruh Kabupaten/Kota se Bali pada hari banyu pinaruh ini.

“Kami melibatkan seluruh pinandita anggota PSN di Kabupaten Gianyar, pelaksanaan penglukatan agung ini juga serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten kota se bali hari ini,” ungkapnya.

Upacara yang dimulai dari pukul 05.30 hingga 12.00 wita ini diakhirni dengan prosesi melukat secara bergilir bagi masyarakat dan pinandita yang hadir dan dilaksanakan oleh tiga sulinggih.

“Sehabis sembahyang akan dilaksanakan sesi pelukatan bagi masyarakat yang hadir dan pinandita yang dilakukan oleh tiga sulinggih,” katanya.(catur/bpn/tim).

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here