Rabu, April 17, 2024
BerandaDenpasarPSU Pedawa, Golkar Raih Kursi Kesebelas di Buleleng dan Potensi Dua ke...

PSU Pedawa, Golkar Raih Kursi Kesebelas di Buleleng dan Potensi Dua ke Senayan 

DENPASAR, balipuspanews.com – Hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 2 TPS yakni TPS 5 dan TPS 6 Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Buleleng, Selasa (20/2/2024), akhirnya mengunggulkan Partai Golkar merebut kursi kedua di Dapil Kecamatan Banjar.

Kursi pertama sebelumnya telah dipastikan diperoleh caleg incumbent I Putu Gede. Sedangkan kursi kedua yang diraih dalam PSU yang berlangsung Selasa pagi dipastikan diduduki caleg Golkar atas nama Ni Wayan Parlina Dewi, S.Pd, yang unggul dengan memperoleh 249 suara.

Atas hasil PSU di Kecamatan Banjar, Buleleng, ditambah dengan pergerakan suara Partai Golkar di seluruh Bali yang terus meningkat, Partai Golkar Bali berpotensi meraih kursi ke-2 di DPR-RI.

“Golkar Bali berpotensi meraih kursi kedua di Senayan,” ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Bali, Dr. Komang Suarsana kepada wartawan di Denpasar, Selasa (20/2/2024).

Pertarungan merebut suara dan kursi di Dapil Banjar tergolong seru, menurut Suarsana, karena untuk memperebutkan 5 kursi, melibatkan para caleg potensial dari 3 parpol yakni Golkar, PDIP dan Nasdem. Di kecamatan ini akhirnya Partai Golkar meraih 14.425 suara.

BACA :  Sempat Berkeliaran Tak Pakai Baju Lewati Jalur Mobil di Tol Bali Mandara, Bule Ini Diamankan PJR Ditlantas Polda Bali

Perebutan kursi kelima (perolehan suara dibagi bilangan 3) dengan hasil pembagian 4.808, suara Partai Golkar unggul dibandingkan suara partai lainnya. Perolehan suara tertinggi di Golkar diraih caleg pendatang baru Ni Wayan Parlina Dewi, S.Pd, dengan 249 suara.

Perolehan tambahan 1 kursi di Kecamatan Banjar ini melengkapi keberhasilan Partai Golkar Buleleng meningkatkan kursi DPRD Buleleng dari 7 kursi pada Pemilu 2019 menjadi 11 kursi pada Pemilu 2024.

Penambahan kursi di Dapil Banjar yang notabene daerah asal DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry yang memperoleh suara terbesar di Kecamatan Banjar itu berdampak terhadap keyakinan Golkar Bali untuk melenggang merebut 2 kursi DPR-RI, bahkan berpotensi meraih 3 kursi. Seperti diketahui Sugawa Korry yang juga Ketua DPD Golkar Bali adalah calon anggota DPR RI Dapil Bali yang berebut kursi ke Senayan bersama 8 caleg lainnya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular