Puan Ajak AHY Bergotong Royong Hadapi Pandemi Covid-19

JAKARTA, balipuspanews.com- Penanganan pandemic Covid-19 dan dampaknya menjadi pembicaraan dalam pertemuan Ketua DPR RI Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Kedua tokoh nasional itu juga menyinggung rencana penyelenggaraan pilkada serentak Tahun 2020.

Tampak AHY didampingi Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro (Ibas). Serta Wakil Sekjen Partai Demokrat Putu Supadma Rudana. Sementara Puan didampingi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto.

Menurut Puan Maharani, ia bersama Agus Yudhoyono sepakat pandemi harus diselesaikan secara bergotong royong oleh seluruh elemen bangsa. “Penanganan covid-19 ini harus bersama-sama seluruh elemen masyarakat agar covid-19 ini bisa segera berlalu,” tegas Puan.

Puan yang juga Ketua DPP PDIP berharap silaturahmi dengan partai Demokrat akan terus terjalin. “Tentu saja ini bukanlah yang pertama, namun bukan juga yang terakhir, tapi akan terus melakukan silaturahmi untuk membicarakan bagaimana membangun bangsa ini bersama sama ke depan,” kata Puan.

Senada, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan Partai Demokrat ingin terus berkontribusi baik dalam pemikiran maupun aksi nyata melalui parlemen maupun struktur partai di lapangan.

Koalisi Demokrat-PDIP di Pilkada

Sementara itu soal Pilkada 2020 Puan dan AHY juga membahas pelaksanaan Pilkada 2020. Puan menyatakan dari 270 daerah yang menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang, sejumlah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat mengusung calon pemimpin daerah yang sama.

“Di pilkada 2020 ini, Alhamdulillah di beberapa tempat antara PDI Perjuangan dengan Partai Demokrat ada kerjasama untuk mendukung calon di beberapa tempat,” ungkap Puan.

Menanggapi koalisi Partai Demokrat-PDIP itu, AHY berharap kerjasama PDI Perjuangan dengan Partai Demokrat di beberapa daerah pada Pilkada 2020 itu bisa berlanjut.

“Ini adalah pertemuan pertama saya dengan pimpinaan PDIP. Saya juga menyampaikan salam hormat untuk ibu Megawati Soekarnoputri, semoga beliau selalu sehat walafiat. Dan tadi juga kita berbicara cukup banyak ternyata kebersamaan Partai Demokrat dan PDI Perjuangan ini mudah-mudahan sinergi ini bisa terus dipelihara untuk kepentingan bangsa,” ucap AHY.

Sementara itu, Wakil Sekjen Partai Demokrat Putu Supadma Rudana mengungkapkan bahwa Puan Maharani mengakui bahwa AHY sebagai Ketua umum Partai Demokrat yang sah. Karena telah ditetapkan oleh Menkumham dan disahkan melalui AD/ART.

Penulis/Editor : Hardianto