Kamis, Maret 28, 2024
BerandaNasionalPuan Pastikan DPR Kawal Kebijakan Pemerintah agar Tetap Berpihak kepada Petani

Puan Pastikan DPR Kawal Kebijakan Pemerintah agar Tetap Berpihak kepada Petani

SUBANG, balipuspanews.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mendatangi Kabupaten Subang, Jawa Barat, untuk melihat pengolahan benih yang dilakukan petani. Warga menyambut kehadiran Puan dengan antusias.

Sekitar seribuan lebih warga menunggu Puan di lokasi penakaran benih padi di Desa Sukamandi Jaya, Kecamatan Ciasem, Kamis (22/9/2022). Dalam rilisnya menyatakan mayoritas warga yang hadir adalah perempuan.

Mereka menunggu Puan sejak siang, padahal acara baru berlangsung sore hari. Saat tiba di lokasi, Puan mendapat sambutan meriah dan hangat dari warga.

Warga pun berebut untuk bersalaman dengan Puan. Tidak sedikit pula yang meminta foto bersama atau selfie.

Selain meninjau pengolahan benih, Puan juga berdialog dengan para petani. Sejumlah isu terkait pertanian dibahas dalam dialog ini, termasuk mengenai persoalan pupuk.

“Pertanian adalah hidup matinya sebuah bangsa. Jadi urusan pertanian dari hulu ke hilir harus mendapat perhatian,” kata Puan.

“Hari ini kita lihat urusan hulu-nya tentang pengolahan benih. Karena kalau benih-nya sudah jelek, maka hasilnya juga tidak akan maksimal,” imbuh perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

BACA :  Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemkab Badung Gelar Gerakan Pangan Murah di Desa Bongkasa Pertiwi

Puan memastikan, DPR akan terus mengawal kebijakan-kebijakan Pemerintah agar berpihak kepada petani. Selain itu, DPR pun akan berupaya memberikan solusi dari persoalan-persoalan yang dihadapi petani dengan berkoordinasi bersama Pemerintah.

“DPR RI sangat memperhatikan kesejahteraan petani. Bagi saya pertanian yang maju berarti petaninya ikut sejahtera,” tegas Puan.

Sebelum mengunjungi petani di Subang, mantan Menko PMK itu juga bertemu dengan kelompok tani di Kabupaten Majalengka. Pertemuan Puan dengan petani Majalengka diselenggarakan di Gedung Islamic Centre.

Sekitar 2.000 petani hadir untuk berdialog bersama Puan. Mayoritas dari mereka mengeluhkan kesulitan mendapatkan pupuk.

Puan berjanji akan membawa aspirasi para petani lewat alat kelengkapan dewan (AKD) DPR terkait.

“Sebagai Ketua DPR RI, saya akan memperjuangkan aspirasi Bapak/Ibu sekalian di DPR RI agar diperjuangkan di komisi terkait,” ungkap Puan saat berdialog dengan petani di Majalengka, hari ini.

Dalam kesempatan itu, Puan sekaligus menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsitan) untuk kelompok tani di Majalengka. Sementara untuk petani-petani di Subang, cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut memberi bantuan bibit padi dan bibit jagung masing-masing 50 Ha.

BACA :  Kepala BSN: Standardisasi berikan dampak ekonomi di Indonesia

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular