Kamis, Maret 28, 2024
BerandaBulelengPukul Kendang, Megawati Buka Carnaval Endek di Buleleng

Pukul Kendang, Megawati Buka Carnaval Endek di Buleleng

Singaraja, balipuspanews.com – Parade Buleleng Endek Carnaval (BEC) tahun 2017 kembali digelar.

BEC dengan tema “Moonlight” melibatkan 25 peserta. Ragam desain endek lokal Buleleng juga turut ditampilkan.

Sama seperti tahun sebelumnya, BEC tahun ini juga dirangkaikan dengan Pawai Pembangunan yang diikuti oleh masing-masing Kecamatan.

Nah, Buleleng patut berbangga karena BEC tahun ini suasananya begitu nampak berbeda.

Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarno Putri berkesempatan hadir dalam pembukaan BEC.

Ajang bergengsi yang sudah memasuki tahun keempat penyelenggaraannya dibuka oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang diwakili Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra dilanjutkan dengan pemukulan kendang oleh Putri Proklamator Republik Indonesia Ir. Soekarno sebagai tanda dibukanya gelaran BEC tahun 2017.

Kepala Bappeda Litbang Buleleng, Gde Dharmaja, yang ditemui di lokasi Pembukaan BEC mengatakan, BEC tahun ini menampilkan desain endek yang sejuk dengan kualitas yang bagus. Hal ini diselaraskan dengan tema BEC tahun 2017 yaitu Moonlight. Dharmaja pun menegaskan BEC tahunb 2017 benar-benar menampilkan kualitas yang baik.

BACA :  Harga Bahan Pokok di Nusa Penida Mengalami Kenaikan, Kapolres AKBP Umar Cek Gudang Sembako di Klungkung

“Tahun ini kami menyeleksi peserta agar benar-benar bisa memiliki desain yang baik, karena kita mengejar kualitas bukan kwantitas sehingga kita bisa mendapatkan hal yang positif dari penampilan BEC ini,” tegasnya.

Dharmaja menambahkan, hal tersebut sesuai dengan arahan besar dari kegiatan BEC yaitu adanya variabilitas penggunaan kain endek itu sendiri. BEC ini juga merupakan salah satu proses promosi kain endek khas Buleleng dengan belasan motif. Baik dari kebangkitannya hingga pergerakan dan eksistensinya saat ini di masyarakat. Bahkan pengenalan dan juga pembibitan kain endek itu sendiri, masih dalam proses.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Buleleng yang dibacakan Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra,Sp.OG, mengatakan sangat setuju dengan Ketua Panitia BEC yang lebih mengedepankan kualitas daripada kwantitas. Selanjutnya, Bupati Suradnyana meyakini dengan berbagai macam motif dan corak, endek Buleleng mampu bersaing dipasaran baik itu pasar lokal, maupun nasional. Dengan demikian, Promosi harus lebih gencar dilakukan untuk memperkenalkan endek Buleleng lebih luas lagi.

Hadir pula dalam BEC, Bupati Badung Giri Prasta, Ketua DPRD Provinsi Bali Adi Wiryatama, Perwakilan Bupati/Wali Kota se-Provinsi Bali, Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Setda Buleleng Ir. Dewa Ketut Puspaka,MP, dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Buleleng.

BACA :  Sekda Buka Bimtek Aplikasi SRIKANDI
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular