Minggu, Juli 21, 2024
BerandaKarangasemPulihkan Trauma, Korban Selamat Air Bah Tukad Ketapang Mendapat Pendampingan Psikologis

Pulihkan Trauma, Korban Selamat Air Bah Tukad Ketapang Mendapat Pendampingan Psikologis

KARANGASEM, balipuspanews.com – Korban selamat dari bencana air bah di tukad Ketapang, Banjar Dinas Santi, Desa Selat, Karangasem yang kini masih dirawat di Puskesmas Selat mendapat pendampingan psikologis dan konseling dari dokter spesialis kejiwaan.

Kepala UPTD Puskesmas Selat, dr. I Gusti Lanang Putu Udiyana dikonfirmasi, Rabu (19/10/2022) mengatakan, pendampingan secara diberikan kepada korban yang masih dirawat atas arahan Dinas Kesehatan (Diskes) Karangasem setelah sebelumnya Kadinkes Karangasem sempat mengunjungi korban di Puskesmas Selat.

“Ya, tadi ada pendampingan Psikologis dan Konseling untuk keluarga korban bencana banjir oleh dokter Spesialis Jiwa dr. Wiradana, SPKJ di UPTD Puskesmas Selat,” ujar Udiyana.

Setelah dilakukan pendampingan, saat ini kondisi Psikologi korban relatif sudah membaik. Namun memang kondisi korban khusus ibunya, I Gusti Ayu Kartini masih lemah dan trauma sehingga masih diperlukan pendampingan lebih lanjut.

“Kondisi ibunya masih trauma, masih diperlukan observasi, sementara anaknya sudah pulih dan Psikologisnya juga sudah baik dan sudah boleh pulang,” terang Udiyana.

Untuk membantu proses pemulihan baik dari sisi Psikologi dan trauma, dokter spesialis kejiwaan yang menanganinya juga sudah memberikan obat penanggulangan untuk mencegah gangguan lebih lanjut terhadap ibu korban.

BACA :  DPR Ingatkan 4 Hal Harus Ada agar Kualitas Pilkada Dinilai Baik

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular