Puluhan Ekor Penyu Hasil Tangkapan Pangkalan TNI AL Dilepas ke Pantai Kuta

Sedikitnya 33 ekor penyu hijau (Chelonia Mydas) hasil tangkapan dilepasliarkan ke habitatnya di kawasan Pantai Kuta, pada Sabtu (8/1/2022)
Sedikitnya 33 ekor penyu hijau (Chelonia Mydas) hasil tangkapan dilepasliarkan ke habitatnya di kawasan Pantai Kuta, pada Sabtu (8/1/2022)

KUTA, balipuspanews.com – Sedikitnya 33 ekor penyu hijau (Chelonia Mydas) hasil tangkapan dilepasliarkan ke habitatnya di kawasan Pantai Kuta, pada Sabtu (8/1/2022). Pelepasan puluhan ekor penyu ini disaksikan oleh Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono didampingi Pandam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Selain itu, pelepasan satwa yang dilindungi undang-undang ini dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster dan Kapolda Bali Irjenpol Putu Jayan Danu Putra.

Menurut Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antonius Totok YP saat dihubungi awak media, pada Minggu (9/1/2022), 33 ekor penyu itu merupakan hasil tangkapan Pangkalan TNI AL Denpasar di Perairan Serangan pada 30 Desember 2021 lalu.

Pelepasan penyu dilakukan sebagai tindakan konservasi untuk menjaga dan melestarikan satwa langka yang terancam punah ini.

Baca Juga :  Petani Muda Keren Gelar Acara Agripreneur Festival Petani Mandiri

Ditegaskannya 33 ekor penyu yang dilepasliarkan merupakan jenis penyu hijau (Chelonia Mydas). Pelepasan ini juga untuk memberikan peringatan kepada masyarakat untuk ikut menjaga dan melindungi habitat penyu dari kepunahan.

“Upaya ini menjadi langkah penting untuk menjaga keberlanjutan ekosistem penyu di Perairan Indonesia khususnya di perairan laut Provinsi Bali,” terangnya.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan