Kamis, Juni 20, 2024
BerandaKarangasemPuluhan Vial Vaksin Astrazeneca Kadaluarsa, Putra Pertama : Akan Dikembalikan Ke Provinsi

Puluhan Vial Vaksin Astrazeneca Kadaluarsa, Putra Pertama : Akan Dikembalikan Ke Provinsi

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem akan kembalikan puluhan vial vaksin Covid-19 jenis Astrazeneca ke Dinkes Provinsi Bali.

Vaksin tersebut dikembalikan karena kadaluarsa pertanggal 31 Maret 2022 lalu dengan jumlah total sebanyak 81 vial jenis Astrazeneca atau untuk vaksinasi sebanyak 810 orang.

Kadis Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama dikonfirmasi, Sabtu (2/4/2022) mengatakan, vaksin yang sudah kadaluarsa nantinya akan dikembalikan kepada provinsi karena proses pemusnahannya tidak bisa dilakukan di Karangasem.

“Vaksin yang kadaluarsa tidak bisa dimusnahkan di Karangasem, akan dikembalikan ke Provinsi dengan berita acara. Selain jenis Astrazeneca, sebelumnya vaksin jenis Sinovac juga sudah ada yang dikembalikan karena sudah tidak ada sasaran serta ada juga yang sudah kadaluarsa,” kata Putra Pertama.

Ia menjelaskan, batasan vaksin hanya 30 hari atau selama satu bulan dari tanggal pengambilan. Apabila dalam jangka waktu tersebut vaksin tidak habis dipakai maka akan dikembalikan lagi kepada Provinsi untuk disimpan didalam lemari penyimpanan yang bersuhu minus 70 derajat celcius menjaga vaksin agar tidak kadaluarsa.

BACA :  Tampil Perdana di PKB, Joged Bumbung Kota Denpasar Tampil Memukau

“Nah kita di Karangasem tidak memiliki alat itu. Tempat penyimpanan tersebut hanya ada di Provinsi,” ujarnya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular