Kamis, Juni 20, 2024
BerandaKlungkungPuncak Karya Pedudusan Agung di Pura Goa Lawah, Wisatawan Sementara Tidak Diperkenankan...

Puncak Karya Pedudusan Agung di Pura Goa Lawah, Wisatawan Sementara Tidak Diperkenankan Masuk ke Areal Utama Mandala

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Puncak upacara padudusan agung di Pura Goa Lawah dilaksanakan, Selasa (22/8/2023). Tidak hanya pemedek, pura yang berlokasi di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan itu juga dipadati wisatawan.

Tampak hadir hadiri Karya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua TP-PKK Ny.Ayu Suwirta dan Kepala Bagian Pemerintahan dan Kesra Komang Widyasa Putra menghadiri Upacara Puncak Karya Padudusan Agung di Pura Goa Lawah Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung

Sementara wisatawan silih berganti menyambangi loket tiket di Pura Goa Lawah, Selasa (22/8/2023). Wisatawan yang datang ke Pura Goa Lawah hari itu sangat beruntung. Walau tidak diperkenankan masuk ke utama mandala pura, mereka masih bisa melihat prosesi upacara Padudusan Agung dari madya mandala pura.

Beberapa prosesi Padudusan Agung di Pura Goa Lawah memang dilaksanakan di madya mandala pura, seperti tari baris, tari topeng dan lainnya. Ini menjadi tontonan menarik bagi wisatawan, terlebih yang datang kebanyakan wisatawan asing.

Sementara prosesi lainnya digelar di utama mandala Pura Goa Lawah. Selama upacara Padudusan Agung ini, wisatawan tidak diperkenankan masuk ke utama mandala pura. Meskipun wisatawan yang penasaran, mereka sudah cukup dapat melihat prosesi upacara dari madya mandala pura.

BACA :  Bupati Sanjaya Hadiri Peluncuran Tahapan, Jingle dan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Tahun 2024

Prosesi Padudusan Agung di Pura Goa Lawah dimulai dari pukul 10.00 Wita, dipimpin oleh dua orang sulinggih, yakni Ida Peranda dari Gria Jumpung Anyar dan Ida Peranda dari Gria Wanasari

“Padudusan agung akan berlangsung selama sepekan, dan nyineb (hari terakhir piodalan) akan berlangsung pada Selasa (29/8/2023) pukul 14.00 WITA,” ujar panitia Pura Goa Lawah, Putu Juliadi.

Usai melaksanakan persembahyangan Bupati Suwirta lanjut menghaturkan punia yang diserahkan kepada pengurus Pura Goa Lawah sebagai wujud srada bhakti kepada ida bhatara bhatari sesuhunan.

“Dumogi labda karya dan seluruh rangkaian karya bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya seusai menyerahkan punia.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular