Pura Dalem Setra Batununggul, Nusa Penida Hangus Dilalap Sijago Merah

Pura Dalem Setra Batununggul ludes terbakar dilalap si jago merah
Pura Dalem Setra Batununggul ludes terbakar dilalap si jago merah

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Kembali terjadi peristiwa kebakaran Pura di Klungkung. Kali ini  Pura Dalem Setra Desa Batununggul, Nusa penida hangus dilalap si jago merah, Rabu (22/7/2020) sekitar pukul 11.20 Wita.

Adapun Saksi yang mengetahui kejadian kebakaran tersebut antara lain I Dw Ketut Sudana, laki, 65, alamat Br. Sampalan, Desa Batununggul, Nusa Penida dan I Dw Udiana, Laki, 43, Pegawai Kontrak, alamat Br. Batununggul, Ds Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Sementara itu dihubungi terpisah Kasatpol PP Klungkung menyatakan
belum berani memastikan penyebab kebakaran, karena Anggota masih ada di TKP melakukan pemadaman.

“Warga bersama petugas pemadam, polisi, TNI langsung bertindak cepat berusaha memadamkan kobaran api yang sudah melalap pelinggih beratapkan ijuk,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Nusa Penida AKP Gede Sukadana yang dihubungi berada di lokasi kebakaran, menyatakan peristiwa terbakarnya Pura Dalem setra Batununggul ini bermula pada Rabu 22 Juni 2020 sekitar pukul 11.20 wita. Dimana saksi I Dw Ketut Sudana dan saksi I Dw Udiana  melihat kepulan asap di sebelah timur Pura Dalem Setra Batununggul.

Setelah di cek oleh keduanya melihat api membesar membakar rumput di ladang milik Dewa Keta yang berbatasan langsung dengan Pura Dalem Setra Batununggul. Melihat api yang cukup besar dan angin sangat kencang kemudian saksi I Dw Ketut Sudana menyuruh salah satu warga untuk membunyikan kentongan (Kulkul) dan memanggil pemadam kebakaran.

Karena  angin bertiup kencang mengakibatkan banyak percikan api yang beterbangan dan membakar salah satu atap pelinggih dan Bale Sor yang terbuat dari bahan ijuk (duk).

Sejurus kemudian petugas  pemadam kebakaran dibantu warga berusaha untuk memadamkan api, namun karena angin kencang api akhirnya merembet ke semua pelinggih yang ada di Pura Dalem Setra.

“Adapun kerugian akibat terbakarnya Pura Dalem Setra Batununggul tersebut menyebabkan kerugian yang cukup besar  kurang lebih 2 Miliar. Adapun yang terbakar terdiri dari pelinggih 7, Bale sor 1, Bale Piasan 1, untuk penyebab kebakaran kita  masih lidik,” terang AKP Gde Sukadana.

Sementara itu Kasubag Humas Polres Klungkung AKP Putu Gede Ardana juga membenarkan peristiwa kebakaran yang terjadi di Pura Dalem Setra Desa Batununggul. Namun apa kepastian sebagai penyebab kebakaran dan berapa kerugiannya, dirinya belum berani memastikannya.

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan