Pura Gunung Sari Celuk Blahbatuh Dibobol Maling

Suasana Pura Gunung Sari di Banjar Celuk, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Kamis (17/12)
Suasana Pura Gunung Sari di Banjar Celuk, Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Kamis (17/12)

GIANYAR, balipuspanews.com – Dua tanduk menjangan yang terbuat sari tembaga disalah satu pelinggih Pura Gunung Sari, Desa Adat Celuk, Buruan, Blahbatuh, Gianyar digasak maling, Kamis (17/12/2020).

Kali pertama, peristiwa tersebut dilihat oleh saksi I Gusti Nyoman Tirta yang hendak sembahyang di Pura Gunung Sari. Saat masuk areal pura, saksi kaget melihat pintu palinggih Ratu Gede terlihat dicongkel. Saksi juga melihat pelinggih lainnya terlihat ada yang rusak. Saksi langsung memberitahukan kejadian itu kepada kakaknya Gusti Ngurah Gede Arta.

Setelah diperiksa, tidak ada barang atau pratima yang hilang. Hanya terdapat dua buah tanduk menjangan yang terbuat dari tembaga tempatnya berada di pelinggih Batara Gunung Sari hilang. Sementara pratima yang lain tidak ada yang hilang karena tersimpan ditempat penyimpanan rumah Jro Mangku Gunung Sari. Selanjutnya diinformasikan ke pihak Prajuru Adat Celuk dan melaporkan ke Polsek Blahbatuh.

Dikonfirmasi Kapolsek Blahbatuh, AKP Yoga Widyatmoko membenarkan kasus pencurian tersebut.

“TKP di Pura Gunung Sari Celuk, yang hilang dua tanduk menjangan yang terbuat dari kayu dan diperkirakan kerugian sebesar Rp. 500 ribu. Saat ini pelaku masih penyelidikan,” tandasnya.

PENULIS : Ketut Catur

EDITOR : Oka Suryawan