Kebakaran hebat menghanguskan Pura Puncak Sari diatas Pura Goa Lawah Pesinggahan,KLungkung
Kebakaran hebat menghanguskan Pura Puncak Sari diatas Pura Goa Lawah Pesinggahan,KLungkung
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Diduga karena Dupa yang lupa dimatikan ditinggal pemedek menyebabkan terjadinya kebakaran hebat yang menimpa Pura Puncak Sari yang berlokasi diatas Pura Goa Lawah,KLungkung. Kejadian yang mengebohkan Warga Pesinggahan dan pengempon Pura Puncak Sari ini terjadi sekira pukul  11.25 Wita  pada Sel( 17/9/2019) .

Kapolsek Dawan AKP Putu Raka Wiratma membenarkan adanya peristiwa kebakaran hebat yang menimpa Pura Puncak Sari,Pesinggahan,Dawan,KLungkung. Menurutnya kebakaran tersebut sesuai laporan pelapor dugaan sementara disebabkan adanya  dupa yang lupa dimatikan pemedek saat jro mangku meninggalkan Pura tersebut.

Menurutnya peristiwa kebakaran tersebut di laporkan oleh I Putu Juliadi (47), SE selaku Bendahara Pura Goa lawah, alamat  Dusun Suwitrayasa, Desa Pesingahan, Kec. Dawan, Kab. Klungkung .

Adapun saksi yang diduga mengetahui peristiwa kebakaran tersebut antara lain I Made Swirta (48) seorang tukang parkir  alamat  Dusun Switrayasa Desa Pesingahan. Dan  I Ketut Cahya Suriawan (42) Security alamat  Dusun Kanginan, Desa Pesingahan, Kec. Dawan.

Awal mula kejadian menurut pelapor diketahui pada Selasa (17/9/2019) sekira pukul 11.25 Wita, barawal dari kedua  saksi melihat kepulan asap tebal yang berasal dari areal atas Pura Pucak Sari Desa Pesingahan.

Kemudian saksi  Ketut Cahya dan Made Switra  langsung menyampaikan peristiwa tersebut melalui  radio komunikasi HT lokal ( ORARI)  bahwa telah terjadi kebakaran di areal atas Pura Pucak Sari.

Kemudian saksi memberikan informasi kepada Pelapor I Putu Juliardi,SE untuk segera menelpon pemadam kebakaran Kab. Klungkung. Kemudian saksi  Ketut Cahya Suriawan  bersama sama  warga setempat berusaha memadamkan api dengan mengunakan alat tradisional.

Dan beberapa saat kemudian  sekira pukul 11.50 wita, bantuan pemadaman mobil Damkar Klungkung sebanyak  3 unit mobil Damkar ke lokasi kejadian untuk berusaha memadamkan api. Selang waktu 25 menit, sekira pukul 12.20 wita, api tersebut berhasil di padamkan.

“ Untuk dugaan sementara dalam pengecekan diketahui penyebab kebakaran tersebut dikarenakan berasal dari api dupa yang lupa dimatikan pemedek,”terang Putu Juliadi ditirukan Kapolsek AKP Putu Raka Wiratma .

Menurut Putu Juliadi kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir sekitar Rp 500 juta lebih . Adapun bangunan yang terbakar  dalam peristiwa tersebut  antara lain Satu buah bale Piasan, Satu buah bale pengaruman, Satu buah bale pewedaan dan Satu pintu pemedal dan dua buah pelinggih gedong.

Dalam kejadian tersebut menurut Kapolsek AKP Putu Raka Wiratma dalam peristiwa Kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. “ Bersukur akibat kebakaran tersebut di Pura Puncak Sari tidak ada korban manusia, namun terdapat kerugian material diperkirakan mencapai Rp. 500.000.000-, ( limaratus juta rupiah),”terangnya. (Roni/bpn/tim)