Kamis, Maret 28, 2024
BerandaKarangasemPurnama Sasih Karo, Seribu Siswa Ikuti Mawinten Masal di Karangasem

Purnama Sasih Karo, Seribu Siswa Ikuti Mawinten Masal di Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Untuk membersihkan, mempertajam pikiran dan memperhalus budi pekerti siswa dengan harapan mampu lebih cepat menyerap ilmu pengetahuan dan kecerdasan spiritual, Pemerintah Kabupaten Karangasem menggelar Upacara Sisya Upanayana atau mewinten masal yang di ikuti oleh siswa siswi SMP dan SMA/SMK se- Kabupaten Karangasem pada Kamis (15/8/2019).

Ritual mewinten masal ini berlangsung diareal Pura Padmasana Kantor Bupati Karangasem disinkrunkan dengan Upacara Piodalan di Pura Padmasana Kantor Bupati Karangasem yang dipuput oleh 5 orang sulinggih diantaranya, Ida Pedanda Gede Jelantik, Ida Pedanda Gede Putra, Ida Pedanda Gede Meranggi Dwi Putra Keniken, Pedanda Gde Darma Putra Manuabe dan Ida Pedanda Gede Kertha Yoga.

Setidaknya ada sekitar 1000 orang siswa perwakilan dari seluruh sekolah se Kabupaten Karangasem yang mengikuti ritual mewinten masal ini. “Peserta dalam upacara sisya upanayana berjumlah sekitar 1000 orang dari jenjang SMP, SMA/SMK,” kata Kepala Dinas Pe didikan Kabupatem Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika disela sela acara tersebut.

Menutur Gusti Kartika, adapun tujuan dari upacara sisya upanayana adalah untuk menjalankan visi dan misi Bupati Karangasem, menjadikan Karangasem cerdas, bersih dan bermartabat berdasarkan Tri Hita Karana selain itu juga untuk memohon kepada Sang Hyang Widhi Wasa supaya para siswa diberikan jalan yang lancar dalam proses menerima pembelajaran.

BACA :  Soroti Silpa 2023, DPRD Karangasem Minta Perencanaan Dilakukan Lebih Cermat

Selain mewinten masal, dalam acara tersebut, seluruh siswa yang hadir diberikan pencerahan lewat dharma wacana dengan tema seputarn “Upacara Sisya Upanayana” oleh Prof. Dr. Ida Bagus Yuda Triguna. (rls/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular