Selasa, Maret 19, 2024
BerandaBulelengPuspaga dan Bangga Kencana Jadi Program Prioritas Dinas PPKBPP-PA

Puspaga dan Bangga Kencana Jadi Program Prioritas Dinas PPKBPP-PA

BULELENG, balipuspanews.com – dua program unggulan yaitu “Puspaga” dan “Bangga Kencana” merupakan langkah Pembinaan Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (PPKBPP-PA) Kabupaten Buleleng.

Kepala Dinas PPKBPP-PA Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan mengatakan jika pihaknya tetap mengandalkan dua program unggulan tersebut sebagai salah satu program prioritas.

Bahkan program Puspaga yang merupakan singkatan dari Pusat Pembelajaran Keluarga itu dilaksanakan sebagai one stop service atau layanan satu pintu keluarga, holistik integratif berbasis anak dengan meningkatkan kapasitas orang tua atau wali.

Langkah tersebut bahkan dikatakannya sangat penting guna menghindarkan anak dari kekerasan, eksploitasi, salah perlakuan, dan penelantaran.

“Kapasitas di sini maksudnya dalam menjalankan tanggung jawab mengasuh dan melindungi anak agar terpenuhi kebutuhan akan kasih sayang, kedekatan, keselamatan, dan kesejahteraan bagi anak dan keluarga,” jelasnya, Jumat (28/1/2022).

Sementara terkait program Bangga Kencana yang merupakan kepanjangan dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana itu bertujuan untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan berkualitas.

BACA :  Bupati Berikan Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Jembrana

“Kalau Bangga Kencana ini tujuannya bagaimana mewujudkan penduduk seimbng dan berkualitas,” tutupnya.

Perlu diketahui program yang dijalankan meliputi bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, pusat informasi konseling remaja, dan usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular