Gusti Putu Artha ketua DPP Partai Nasdem
Gusti Putu Artha ketua DPP Partai Nasdem

KARANGASEM, balipuspanews.com- Tensi politik di Bumi Lahar menjelang Pilkada Karangasem September 2020 mendatang mulai memanas. Kendati belum ada calon yang ditetapkan untuk diadu dalam pesta demokrasi lima tahunan itu, aksi black campaign sudah terlihat sejak beberapa hari belakangan.

Kali ini beredar foto selebaran di media sosial (medsos) tentang  putra bupati IGA Mas Sumatri yang dituduh membekingi sambungan ayam

Kejadian tersebut mendapatkan reaksi dari tim hukum Mas Sumatri. Tim hukum yang dipimpin oleh A.A. Parwata SH itu  berencana akan melaporkan sejumlah akun facebook ke Polres Karangasem, Kamis (23/01/2020).

Menurut Konsultan Politik IGS Mas Sumatri, I Gusti Putu Arta, adapun isi laporan yang akan dilakukan esok hari yaitu berkenaan dengan pelanggaran UU ITE.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh pihaknya, Putu Arta menyebutkan sekurangnya ada 4 akun facebook yang mengunggah status. Bahkan dalam pengantar beberapa akun malah jelas ditulis tuduhan anak Bupati terlibat dalam perlindungan sabungan ayam.

“ Setidaknya telah terdeteksi 4 akun FB yang akan dilaporkan walaupun dilinimasa akun itu sudah ada yang dihapus namun status tersebut telah dibaca publik dan dibagikan,” terang Putu Arta.

Bagi Putu Arta, pelakunya potensial melanggar Pasal 27 ayat (3) UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik, yang berbunyi

“ Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Langkah ini juga bagian dari sikap serius tim hukum Mas Sumatri untuk meneggakan hukum dan mendidik publik berani bertanggung jawab atas kebebasan yang diberikan negara kepada warganya,” jelas Putu Arta. (igs/tim/bpn)