Jumat, April 19, 2024
BerandaDenpasarPutri Koster Dipuji Perruas, Pembaca Puisi Terbaik di Indonesia

Putri Koster Dipuji Perruas, Pembaca Puisi Terbaik di Indonesia

DENPASAR, balipuspanews.com – Ny. Putri Suastini sebagai seniman multitalenta, diakui dan dikagumi oleh Rombongan ‘Wisata Puisi Bali’ sebanyak 40 penyair saat berkunjung ke kediaman Gubernur di Jayasabha, Sabtu (19/11/2022).

Pimpinan rombongan ‘Wisata Puisi Bali’ Asrizal Nur menyampaikan kekagumannya pada sosok Putri Koster. Penyair yang akrab disapa Asnur ini menyebut Putri Koster sebagai salah satu pembaca puisi terbaik di Indonesia.

“Tak banyak yang bisa membawakan puisi sebagus Ibu Putri Koster, saya sangat mengagumi beliau dan kebetulan sekarang ini menjadi Istri Gubernur Bali,” ujarnya disambut applaus rombongan penyair yang berkumpul di Jayasabha.

Ia menambahkan, talenta di bidang seni yang dimiliki Putri Koster memberi nilai tambah dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai pendamping kepala daerah.

“Seni itu bukan bentuk, tapi spirit. Apapun profesinya, bekal kemampuan seni akan menjadi spirit bagi seseorang. Terlebih bagi seorang pejabat,” cetusnya.

Asnur menambahkan, rombongan ‘Wisata Puisi Bali’ ini sebagian besar terdiri dari perempuan yang berprofesi sebagai guru. Selain ke Bali, komunitas ini sebelumnya juga melakukan lawatan ke daerah lain. Selain diajak berwisata, kelompok penyair ini juga melakukan sejumlah kegiatan literasi melalui workshop menulis dan membaca puisi.

BACA :  Disandingkan dengan Koster Sebagai Calon Wakil Gubernur, Giri Prasta Tunggu Keputusan Megawati

Lebih dari itu, di setiap objek wisata yang dikunjungi, para penyair juga melakukan syuting pembacaan puisi yang nantinya dishare melalui berbagai media. Kegiatan ‘Wisata Puisi Bali’ berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Nopember 2022.

Rombongan 40 penyair dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam wadah Perkumpulan Rumah Seni Asnur (Perruas). Rombongan penyair yang mengadakan kegiatan bertajuk ‘Wisata Puisi Bali’ disambut dalam jamuan makan malam di Gedung Jayasabha Denpasar.

Ny. Putri Koster menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan penyair. Ia berharap, para insan seni ini tak hanya menikmati keindahan Bali, tapi mampu menangkap nuansanya untuk menciptakan sebuah karya puisi.

“Saya berharap, insan seni yang hadir di Bali dapat menyerap nuansa seni dan keindahan alam Bali menjadi inspirasi untuk menulis karya puisi,” ujarnya.

Sebagai seorang yang juga menekuni karya sastra puisi, pendamping orang nomor satu di Bali ini paham betul apa yang dibutuhkan oleh seorang penyair.

“Ketika kita merasa bahagia dan nyaman, suasana itu akan mendorong untuk menghasilkan sebuah karya. Pasti ada sebuah karya ketika kita mengunjungi suatu tempat,” tambahnya.

BACA :  Serahkan Hibah Rp 109 Miliar kepada Warga Karangasem, Giri Prasta Sebut Wujud Konkret Kolaborasi Pemkab Badung

Kepada rombongan penyair, Putri Koster juga menuturkan pengalamannya jatuh cinta kepada puisi. Mengagumi sosok Dhenok Kristianti, ia banyak belajar menulis puisi dari sosok penyair tersohor itu. Bahkan, karya Dhenok yang berjudul ‘Sumpah Kumbakarna’ sering dibawakannya dalam sejumlah penampilan.

Ia mengajak seluruh seniman puisi terus berkarya, melahirkan sajak-sajak indah yang bisa dinikmati masyarakat pecinta puisi di tanah air.

Lebih jauh, perempuan yang dikenal memiliki multi talenta di bidang seni ini juga memperkenalkan sejarah Gedung Jayasabha yang saat ini menjadi kediaman resmi Gubernur Bali.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyelipkan informasi tentang Pusat Kebudayaan Bali (PKB) yang saat ini tengah digarap Pemprov Bali.

Dijelaskan olehnya, tempat itu nantinya diharapkan tak hanya menjadi etalase karya seni dan budaya Bali, tapi juga seluruh daerah di Indonesia.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular