Kamis, Maret 28, 2024
BerandaDenpasarPutri Koster Tinjau Pasar Gotong Royong di Halaman Kantor Gubernur

Putri Koster Tinjau Pasar Gotong Royong di Halaman Kantor Gubernur

DENPASAR, balipuspanews.com – Kali pertama pasar berada halaman kantor Pemerintahan Provinsi Bali atau kantor Gubernur Bali, semenjak pandemi Covid-19 yang menyebabkan daya beli masyarakat Bali menurun sehingga para petani sulit untuk menjual atau memasarkan hasil panennya.

Beranjak dari hal tersebut, pasar yang di namai “Pasar Gotong Royong Krama Bali” digelar secara serentak, mulai Jumat (7/8) di seluruh instansi pemerintah kabupaten/kota di Bali untuk membantu para petani, nelayan, IKM, UMKM dalam memasarkan hasil produk lokal Bali.

TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster meninjau langsung pelaksanaan Pasar Gotong Royong, yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Bali, Jumat (7/8) pagi.

Putri Koster menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Pasar Gotong Royong ini sebagai wujud kepedulian pemerintah beserta stakeholder terkait lainnya terhadap IKM, UMKM maupun para petani di tengah pandemi Covid-19.

Putri Koster yang akrab dipanggil Bunda Putri ini juga menyampaikan bahwa Pasar Gotong Royong yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini merupakan terobosan yang luar biasa dari Pemerintah Provinsi Bali beserta jajarannya, dan kegiatan ini juga dilaksanakan di sembilan instansi di luar pemerintah Provinsi Bali.

BACA :  Pj Gubernur Sampaikan Pandangan Ranperda Insentif Kemudahan Investasi dan PUG

Bunda Putri menambahkan, kegiatan pada pagi hari ini memberikan dampak yang positif. Di samping membantu para petani dan UMKM di tengah pandemi dalam memasarkan produknya, pasar ini juga dapat mengurangi kerumunan di pasar tradisional, khususnya di hari Jumat, serta pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena bersentuhan langsung dengan para petani maupun IKM dan UMKM.

“Kami berharap kegiatan Pasar Gotong Royong ini bisa dilakukan secara berkelanjutan dan dijadikan sebuah tradisi yang unik dan menarik di mana setiap hari Jumat hadir produk-produk pertanian dan UMKM di halaman kantor masing-masing,” paparnya.

Tak hanya meninjau, dalam kesempatan tersebut, Bunda Putri juga membeli produk pertanian, pangan, dan sandang didampingi oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Bali Wayan Suarjana, Kepala Dinas Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Bali Wayan Mardiana serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali I Wayan Jarta.

“Kegiatan pasar Gotong Royong pada pagi hari ini tidak hanya diramaikan oleh para ASN di lingkungan Pemprov Bali, namun juga dimeriahkan oleh masyarakat umum yang berada di sekitar lapangan depan Kantor Gubernur,” imbuhnya.

BACA :  Banyak Ditemukan Kesalahan Penulisan Surat-surat, ASN Pemprov Bali Diberi Sosialisasi Peningkatan Kemahiran Berbahasa Indonesia

Disamping itu, pelaksanaan Pasar Gotong Royong kali ini juga menerapkan Pergub No 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai, di mana baik para pembeli maupun penjual tidak menggunakan kantong belanja dari plastik . Di samping itu, transaksi di Pasar Gotong Royong juga sudah menggunakan aplikasi QRIS sebagai alat pembayarannya.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular