Rabu, Juli 24, 2024
BerandaBadungPutu Parwata Ajak Mahasiswa Bangun Karakter Pancasila

Putu Parwata Ajak Mahasiswa Bangun Karakter Pancasila

BADUNG, balipuspanews.com
Ada pernyataan menarik disampaikan
Ketua DPRD Kabupaten Badung, Putu Parwata saat menjadi narasumber seminar Nasional Tujuh Karakter yang diselenggarakan Universitas Dhayana Pura atau Undhira Bali di Aula E Universitas Dhyana Pura, Jalan Raya Padangluwih, Tegaljaya Dalung, Kabupaten Badung, Rabu (31/5/2023).

Politikus PDIP ini mengharapkan mahasiswa bisa membangun jati diri dengan karakter Pancasila untuk kepentingan bangsa ini.

“Bagaimana dia membangun karakternya untuk bangsa ini dan bisa memberikan sesuatu yang lain daripada lainnya tentang nilai-nilai yang tinggi terhadap saudara-saudaranya untuk membangun. Inilah yang kami tegaskan bahwa hanya Pancasila yang bisa mempersatukan kita dan saling menghargai,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Politisi asal Dalung ini bahwa keberagaman dan kebersamaan serta diversity yang harus dibangun, sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang kuat dan betul-betul dihargai oleh bangsa-bangsa lainnya.

Pihaknya meminta mahasiswa Undhira Bali untuk menggali potensi bersama-sama dengan seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia ini. Diharapkan, mahasiswa untuk bersatu bersama-sama dan saling menghargai sehingga, mereka hidup damai, rukun dan betul-betul bisa memberikan suatu pedoman, yang selanjutnya nilai-nilai Pancasila digetok tularkan kepada generasi-generasi yang akan datang.

BACA :  Pj Lihadnyana Terima Kunjungan Tim Peneliti IPDN

“Kami dorong supaya diskusi Pancasila ini terus dikumandangkan dan menjadi satu ideologi yang kuat untuk pembangunan karakter bangsa Indonesia ini,” tandasnya.

Parwata memberikan apresiasi kepada Undhira Bali terhadap m semangat dan spirit yang dibangun oleh kampus bersama anak-anak yang tidak melupakan Founding Father dan ideologi Pancasila.

“Hal tersebut harus digerakkan, yang ternyata pihak Undhira Bali sangat semangat untuk memahami dan mengamalkan arti Pancasila,”tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Dhyana Pura Bali, I Gusti Bagus Rai Utama mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Narasumber, yakni Ketua DPRD Kabupaten Badung Dr. Drs. Putu Parwata, M.K., MM., dan Ir. Iwan Eka Setiawan, M.Sc., selaku Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kementarian Koordinator Bidang PMK-RI.

Selain memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2023, Seminar Nasional ini dilakukan untuk mengimplementasikan nilai-nilai Tujuh Karakter kepada mahasiswa sebagai ciri khas dan keunggulan Universitas Dhyana Pura atau Undhira Bali, lantaran Undhira Bali sebagai lembaga pembelajaran Karakter, Konseling dan Chaplaincy di Bali.

BACA :  Akibat Cedera Lionel Messi dan Luis Suarez Akan Lewatkan Pertandingan MLS All-Star

Untuk itu, Seminar Nasional menghadirkan dua Narasumber berkompeten di bidangnya, yakni Ketua DPRD Kabupaten Badung Putu Parwata serta Sekretaris Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang PMK RI Iwan Eka Setiawan, dengan mengambil tema “Peranan Generasi Muda dalam Membangun Peradaban Bangsa Berkarakter Pancasila” dan “Peran Pancasila dalam Organisasi Politik Menuju Suksesi 2024”.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular