workshop jurnalistik online di Klungkung, Bali
sewa motor matic murah dibali

Semarapura,balipuspanews.com- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengandeng PT Pertamina mengelar pelatihan jurnalis online dan fotografi di banjar Sangging, Kamasan, Klungkung Sabtu ( 28/4) 2018.

Pelatihan yang diikuti  sekitar 30 wartawan tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 hingga sore hari itu dihadiri oleh ketua PWI Bali IGMB Dwi Kora serta menghadirkan narasumber Musista Pambudi dan Pepih Nugraha.

“ Saya berharap dengan pelatihan fotografi dan jurnalisme online ini bisa meningkatkan kompetensi bagi wartawan online,” kata pria yang juga pemimpin redaksi salah satu media local di Bali itu. Pria asal Ubud itu meminta semua peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik sehingga memahami etika dalam penulisan jurnalisme online.

Dilain pihak Musista Pambudi menyampaikan tehnik bagaimana sebuah foto jurnalistik mampu memiliki  nilai tinggi untuk melengkapi nilai berita.

“ Saya tekankan kepada wartawan, saat hunting foto tolong mencari moment yang tepat dan bisa mengangkat nilai berita,” sebutnya. Musista juga menjelaskan, bagaimana sebuah foto memiliki nilai estetika yang tinggi dan bisa menarik perhatian orang yang melihatnya.

Sementara Pepih Nugraha dari Founder Pepnews yang juga pendiri Kompasiana menekankan pentingnya 5 W 1 H dalam penulisan berita. Dengan demikian, sebuah berita akan dianggap penting dan menarik.

Dibagian lain pengurus PWI Pusat,  Lisna Febriana menyatakan, rangkaian pelatihan ini merupakan kelanjutan dari sinergi antara kementrian BUMN dengan PWI Pusat serta MoU antara PT Pertamina  (Persero) dan PWI yang ditanda tangani pada Hari Pers Nasional 2018 pada 8 Pebruari 2018 di Padang.

“Kegiatan ini sebagai upaya dari peran sinergi BUMN meningkatkan kompetensi bagi wartawan Indonesia.  Selanjutnya pelatihan ketiga akan diadakan pada tanggal 12 Mei 2018 bertempat di Riau. Dengan semua pelatihan vokasi kewirausahaan bagi wartawan ini diharapkan akan menambah wawasan bagi wartawan keseluruhan,” pungkasnya.

Acara dipungkasi dengan penyerahan plakat kepada narasumber dan sertifikat kepada seluruh peserta wartawan se Bali  yang diserahkan Ketua PWI Bali IGMB Dwi Kora. (Roni)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here