foto: Baba Joni Guru silat Beksi Teras Betawi.
foto: Baba Joni Guru Silat Beksi Teras Betawi.

JAKARTA, balipuspanews.com – Pepatah ‘Tak Kenal Maka Tak Sayang’ adalah istilah yang tidak asing ditelinga kita saat dalam pergaulan apabila kita tidak mengenal seseorang, maka kita tidak memiliki perhatian kepada orang tersebut. Hal ini menjadi penting untuk mengenal sosok Joni Sofyan akrab dipanggil Baba Joni sebagai Penggiat Budaya Betawi dan Guru Silat Beksi Teras Betawi di Cileduk, Kota Tangerang.

“Betawi merupakan salah satu suku di Indonesia yang mempunyai beragam tradisi yang unik. Suku Betawi mayoritas penduduknya bertempat tinggal di DKI Jakarta, sebagian lainnya ada di kota seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang,” kata Baba Joni dalam keterangannya, Minggu sore (14/6).

Baba Joni mengungkapkan tradisi unik yang dimiliki suku betawi yang masih lestari sampai sekarang ini yaitu:
1. Nyorog, dalam tradisi nyorog, makanan yang dibawakan oleh orang yang lebih muda kerumah saudaranya yang lebih tua atau yang dituakan. Nyorog lazimnya dilakukan sepekan sebelum puasa.
2. Ondel-Ondel, ondel-ondel merupakan ikon DKI Jakarta yang tentunya memiliki sejarah panjang. Diketahui, ondel-ondel sudah ada sejak abad 16.
3. Tanjidor, dahulu tanjidor sering dimainkan untuk mengiringi atau mengarak pengantin. Diketahui, alat musik khas Betawi ini sudah ada sejak tahun 1600an.
4. Palang Pintu, tradisi ini merupakan sebuah kesenian Betawi yang merupakan paduan antara silat dan juga pantun. Palang pintu juga menjadi salah satu rangkaian dalam pernikahan orang Betawi.
5. Silat Beksi, silat beksi betawi merupakan salah satu jenis pencak silat khas Indonesia yang masih banyak ditekuni hingga saat ini.
6. Lenong, lenong merupakan kesenian teater tradisional khas Betawi. Biasanya lenong diiringi menggunakan gambang kromong sebagai iringan musiknya.
7. Tari Lenggang Nyai, tari lenggang nyai dibawakan oleh empat hingga enam penari perempuan dan merupakan paduan dari gaya cokek, tari topeng, dan ada pengaruh China. Uniknya, gerakan tarian ini menggambarkan karakter dan cerita dari Nyai Dasimah.

“Untuk silat beksi tetap eksis dan tidak kalah pamor dengan seni beladiri dari luar negeri seperti, karate dan taekwondo. Saya terus berjuang untuk melestarikan warisan leluhur ini sesuai amanah dari guru besar, selain di sanggar Beksi Teras Betawi dikawasan cileduk raya, saya juga memberikan pelatihan silat beksi panggilan diluar sanggar,” tutur Baba Joni.

“Biasanya disanggar Beksi Teras Betawi yang kumpul tidak hanya yang berlatih silat saja, tetapi semua komunitas terkait dengan budaya betawi juga pada kumpul bareng disini diantaranya Komunitas Pecinta  Batu Pandan Tangerang, Komunitas Pecinta Gelang Akar Bahar dan Komunitas Pecinta Batu Akik Lawas Antik,” tambahnya.

Lebih lanjut Baba Joni menyampaikan harapannya di masa-masa mendatang agar budaya betawi bisa menjadi kebanggaan bangsa dan negara. Terbukti Silat Indonesia sudah dikenal oleh masyarakat dunia.

Penulis/editor: Ivan Iskandaria