Beranda Advertorial Rai Mantra dan Jaya Negara Nyanggingin Serangkaian Metatah Massal di Griya Tegal...

Rai Mantra dan Jaya Negara Nyanggingin Serangkaian Metatah Massal di Griya Tegal Jingga

DENPASAR, Balipuspanews.com -Griya Gede Tegal Jingga Denpasar menggelar upacara Mepandes/ Metatah Massal bertepatan dengan Rahina Anggara Paing wuku Merakih di Griya Gede Tegal Jingga Desa Sumerta Kaja, Kecamatan Denpasar Timur pada Selasa  (10/9).

Sejak pagi ratusan warga sudah tampak memadati areal griya dan balai Banjar Pande Desa Sumerta Kaja   untuk mengikuti prosesi upacara Mepandes/Metatah Massal ini. Upacara ini merupakan rangkaian dari Karya Rsi Yadnya, Pediksan Lan Manusa Yadnya/ Mepandes di Griya Gede Tegal Jingga.

Ada yang menarik dari rangkaian Upacara Mepandes/Metatah Massal ini, dari puluhan Sangging yang bertugas Menatah (mengasah gigi para peserta) tampak diantaranya Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota Denpasar  IGN. Jaya Negara yang memang sudah tidak asing lagi dalam tugas selaku Sangging. Tidak canggung-canggung keduanya begitu cekatan dalam menatah para peserta Mepanes/Metatah Massal ini.

“Upacara mepandes massal ini merupakan serangkaian upacara Rsi Yadnya, Pediksan Lan Manusa Yadnya/ Mepandes di Griya Gede Tegal Jingga,” demikian disampaikan Pengajeg Karya, Ida Pedanda Gede Putra Bajing.

Lebih lanjut dikatakan, Metatah ini merupakan suatu tradisi bagi umat Hindu pada khususnya tatkala anak itu sudah dewasa serta berupaya menghilangkan rasa atau sifat sadripu untuk anak-anak yang diacarai hari ini yang merupakan bagian dari manusa yadnya.

“Setelah upacara mepandes hari ini akan dilaksanakan upacara pepintonan nabe amati raga pada Jumat (13/9) dan Pediksan pada Sabtu (14/9) ,” kata Ida Pedanda Gede Putra Bajing.

Sedangkan jumlah peserta keseluruhan kurang lebih sebanyak 167 orang yang mengikuti upacara metatah massal.

“Dengan melaksanakan kegiatan ini diharapkan bisa meringankan beban dari mereka untuk melaksanakan yadnya seperti ini karena cukup besar biayanya dan kami juga akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini sebagai upaya meneruskan adat istiadat serta kepedulian kepada masyarakat,” ujar Ida Pedanda Gede Putra Bajing, (rls/bpn).

Facebook Comments

Most Popular

Harap Bisa Atasi Permasalahan Air, Gubernur Prioritaskan Pembangunan Bendungan Tamblang

BULELENG, balipuspanews.com - Pembangunan Bendungan Tamblang sudah diresmikan, pada Rabu (12/8/2020), oleh Gubernur Bali I Wayan Koster. Pembangunan Bendungan ini diharapkan bisa mengatasi permasalahan...

Resmi Ditahan, Jrx : Semoga Tidak Ada Lagi Ibu-Ibu Menjadi Korban Rapid Test

DENPASAR, balipuspanews.com - Jrx Superman Is Dead (SID) kembali diperiksa oleh Penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali, pada Rabu, 12 Agustus 2020.Jrx SID diperiksa...

Jerinx SID Resmi Tersangka, Langsung Dijebloskan ke Rutan Polda Bali 

DENPASAR, balipuspanews.com - Setelah dipanggil dan diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI)...

Budaya Bali, Kunci Pengembangan Pariwisata Medis

DENPASAR, balipuspanews.com - Wacana pariwisata medis bergulir sejak sepuluh tahun lalu di Bali dan berkembang secara alamiah. Kini dengan hadirnya Indonesia Medical Tourism Board...

Recent Comments

Facebook Comments