Kepala Cabang PT Taspen Denpasar, Hestraningtyas Wira Yoga saat audensi dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di kediamannya Jumat (18/10)
Kepala Cabang PT Taspen Denpasar, Hestraningtyas Wira Yoga saat audensi dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di kediamannya Jumat (18/10)

DENPASAR, Balipuspanews.com -Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) PT Taspen Persero membuat anak perusahaan PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) dengan meluncurkan produk asuransi terbarunya yakni Taspen Dwiguna Sejahtera dan Taspen Sive (memberikan perlindungan jiwa dan jaminan keuangan).

Taspen Dwiguna Sejahtera adalah progresif ASN, dimana pembayaran premi sekaligus atau premi tunggal dengan nominal Rp 5 juta dan Rp 10 juta untuk masa kontrak asuransi selama lima tahun. Dengan premi Rp 5 juta ASN bisa terlindungi selama 5 tahun, jika terjadi musibah seperti meninggal biasa akan mendapatkan tanggung sebesar Rp 30 juta, meninggal karena kecelakaan mendapat tanggungan Rp 60 juta. Sedangkan untuk premi awal Rp 10 juta. Akan mendapat jaminan Rp 60 juta karena meninggal biasa dan kalau meninggal karena kecelakaan akan mendapat Rp 120 juta. Jika ASN sehat tidak ada musibah maka uang akan tetap dan mendapat tambahan sebesar 20%.

Layanan ini diberikan untuk masyarakat khususnya di Bali ketika ada upacara akan membutuhkan biaya yang sangat besar, maka dari itu dirasa sangat bermanfaat bagi ASN,’’  ungkap Kepala Cabang PT Taspen Denpasar, Hestraningtyas Wira Yoga saat audensi dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di kediamannya Jumat (18/10)

Untuk Taspen Sive (memberikan perlindungan jiwa dan jaminan keuangan) adalah menabung untuk diterima pada saat pensiun yakni pada usia 58 tahun.  Dengan  premi perbulannya mulai dari Rp 100 ribu hingga seterusnya. Jadi  ketika ASN itu pensiun akan mendapatkan 3 kali dari pensiunan yang seharusnya di dapat. Pogram ini juga tanpa ada potongan sama sekali, karena uang pensiunan itu akan langsung diberikan ketika ASN pensiun tanpa harus menunggu melalui rekeningnya ASN itu sendiri.

Tidak hanya itu Taspen juga memberikan layanan indihome, bagi yang ASN maupun pensiunan yang berlanggan akan mendapat potongan 30%. Selain itu ada juga pembelian tiket pesawat garuda dan melalui pegadaian akan mendapatkan poin emas. Pelayanan juga dilakukan di grab maupun indomart. “Pelayanan itu intinya untuk meningkatkan kesejahteraan ASN maupun penerima pensiunan,’’ ungkapnya.

Ia menambahkan  Taspen akan melakukan kerjasama dengan seluruh pemerintah khususnya Pemkot Denpasar terkait dengan proteksi kepada seluruh pegawainya. Sehingga ASN yang mengalami musibah. Sehingga dalam bekerja mereka merasa tenang, karena terproteksi.

Program Taspen ini mendapat apresiasi Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra. Menurutnya melalui pogram ini semua ASN akan merasa aman dan terjamin kesejahteraannya saat mereka pensiun. Bahkan dengan ada pogram dari Taspen ketika ASN mengalami musibah maka tidak akan memberikan beban kepada anak yang ditinggalkan.

Tidak hanya itu Rai Mantra mengatakan, pogram ini sekaligus untuk mengatur sistem keuangan para ASN. “Memang ini dari gaji mereka yang dipotong, namun nanti saat pensiunan uang ini akan kembali dengan  mendapat tambahan dari yang mereka bayar’’ ungkapnya.

Lebih lanjut Rai Mantra mengharapkan agar pogram ini segera di sosialisasikan kepada seluruh ASN yang ada di pemkot Denpasar sehingga mereka akan mengikuti program ini.

Rai Mantra juga menawarkan agar Taspen bisa juga membuka counter layanan di Gedung Sewaka Dharma sehingga dapat melayani masyarakat yang kebetulan berurusan di gedung tersebut

, (rls/bpn).