Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarRai Mantra: Generasi "Z" Miliki Peluang Sukses Lebih Besar

Rai Mantra: Generasi “Z” Miliki Peluang Sukses Lebih Besar

Denpasar, balipuspanews.com – Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra hadir sebagai narasumber dalam acara talkshow Pembangunan Bali, yang digelar di Hotel Nikki Denpasar (15/12).

Selain Wali Kota Denpasar Rai Mantra, tampak juga hadir Wakil Gubernur I Ketut Sudikerta dan Arya Wedakarna, salah satu anggota DPD RI Bali.

Mengusung tema Menuju SDM Bali Berkualitas dan Berbudaya, Wali Kota Rai Mantra fokus pada peran pemuda di Zaman Milenial. “Generasi Z adalah generasi yang memiliki pemikiran terbuka, dan dalam jangkauan teknologi informasi yang luar biasa,” ujarnya.

Dikatakannya, perkembangan teknologi informasi harus diimbangi dengan etika moral yang baik, agar pemuda tidak kehilangan kontrol baik dalam kontrol intelektual, emosional, maupun spiritual.

Hal tersebutlah yang mendasari terciptanya “Denpasar sebagai Kota Kreatif Berwawasan Budaya” artinya, kota harus mencerminkan masyarakatnya, dan Denpasar Festival adalah salah satu wadah kreatifitas dan potensi seluruh lapisan masyarakat kota, khususnya para wirausaha muda kreatif.

Berbicara tentang Bali, secara general sudah diketahui memiliki potensi dominan di bidang pariwisata, maka harus ada aspek yang bisa menopang dan mendukung hal tersebut.

BACA :  Batas Akhir Pelaporan SPT Tahunan, Seluruh Kantor Pajak di Bali Buka Layanan Pada 30-31 Maret 2024

Dengan memberikan peluang pada pertumbuhan ekonomi kreatif dan mendukung kemajuan pertanian adalah inovasi yang tepat untuk pembangunan Bali yang lebih baik kedepannya.

Rai Mantra dalam kesempatan ini juga menegaskan, bahwa berbudaya yang di maksud dalam arti luas adalah bagaimana agar mampu memadukan teknologi dan identitas budaya.

Kualitas sumber daya manusia antara pendidikan formal dan softskill harus seimbang untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing. Lebih lanjut, diungkapkan bahwa hal tersebut erat kaitannya dengan kesiapan pemuda menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Pada akhir sesi Rai Mantra menekankan pada ekonomi kreatif yang sejatinya adalah bagian dari inovasi kreatif yang akan menambah nilai barang dan jasa.

“Inilah yang akan mendukung potensi pertanian, nilai barang akan bertambah jika dikemas secara kreatif dan inilah peluang anak-anak muda, Denpasar punya Youth Park sebagai wadah dan penunjang ekonomi kreatif di Kota Denpasar,” ujarnya.

Peluang anak muda generasi Z untuk sukses sangat besar, bahkan bisa melebihi peluang generasi sebelumnya, tentunya hal tesebut erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi.

BACA :  Rayakan Lebaran di Kampung Halaman, Polresta Denpasar Gelar Mudik Gratis

Salah satu peserta talkshow Anak Agung Istri Desi Asmari mengaku, dirinya secara khusus meluangkan waktu untuk hadir dalam acara ini. Menurutnya, talkshow ini luar biasa karena bisa mendatangkan para tokoh publik Bali.

“Apalagi bisa secara langsung melihat pemaparan Walikota Denpasar dengan program-program yang merangkul anak muda, sekaligus saya bisa bertanya dan memberikan saran juga jadi sangat antusias,” katanya.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular