Selasa, April 16, 2024
BerandaDenpasarRai Mantra Lepas Peserta Utsawa Dharma Gita Nasional 2017

Rai Mantra Lepas Peserta Utsawa Dharma Gita Nasional 2017

Denpasar, balipuspanews.com – Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional 2017 akan dilangsungkan di Palembang, Sumatera Selatan pada 6 hingga 10 Juli mendatang.

Sebelumnya, Kota Denpasar sebagai juara Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali Tahun 2016, sehingga kali ini mewakili Bali dalam ajang dua tahunan tersebut.

Kesiapan Duta Utsawa Dharma Gita Kota Denpasar didampingi jajaran Dinas Kebudayaan dan Widya Sabha Kota Denpasar mewakili Bali dilepas Wali Kota IB Rai Dharmawijaya Mantra, Senin (3/7) di Grya Sebha Sari, Renon Denpasar.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Rai Mantra menyerahkan penghargaan terhadap para juara Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi Bali Tahun 2016, serta memberikan semangat kepada peserta agar memberikan yang terbaik di ajang Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional 2017.

“Generasi muda adalah ujung tombak pelestarian kebudayaan Bali. Kesempatan ditingkat nasional ini dijadikan pengalaman yang berharga. Berbeda dengan pembinaan kesenian tabuh ataupun tari yang sudah berjalan dengan baik, kesenian sastra mendapat perhatian dari Pemkot Denpasar agar frekuensi pembinaan serta pelestariannya berjalan setara dengan jenis seni budaya lainnya di Kota Denpasar. Utsawa Dharma Gita merupakan puncak pembinaan seni sastra, yang dipupuk ke generasi muda sejak dini,” ujar Rai Mantra.

BACA :  Setelah 21 Hari IBTK Nyejer, Pangempon Pura Besakih Gelar Ritual Ngeluur

Ketua Widya Sabha Kota Denpasar, Made Suarta Wijaya mengatakan dalam Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional 2017 nanti, akan diberangkatkan 33 orang peserta.

“Pemkot Denpasar yang mencanangkan Kota Berwawasan Budaya menaruh perhatian pada seni sastra yang merupakan perwujudan pelaksanaan kegiatan agama Hindu. Ini terbukti prestasi Kota Denpasar dalam bidang seni sastra baik ditingkat provinsi maupun nasional terus dapat diraih. Pembinaan seni sastra juga digencarkan Pemkot Denpasar melalui Porseni maupun Lomba Pesantian dan tentu saja lomba Utsawa Dharma Gita tingkat kota Denpasar,” ujar Made Suarta Wijaya

Di hadapan Wali Kota Denpasar, sore itu tampil sejumlah peserta, salah satunya Juara I Dharma Wacana Berbahasa Indonesia Kategori Anak- Anak Putri Tingkat Provinsi Bali 2016, Sang Ayu Rania Callista Astarina.

Sang Ayu Rania Callista Astarina yang dalam Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional 2017 akan membawakan Dharma Wacana berbahasa Indonesia berjudul ‘Cinta Kasih & Kasih Sayang’, setelah sebelumnya dalam Dharma Wacana berjudul “Toleransi” menyabet juara I Dharma Wacana Berbahasa Indonesia Kategori Anak- Anak Putri Tingkat Provinsi Bali 2016.

BACA :  Bupati Giri Prasta hadir sekaligus Meletakan Batu Pertama Pembangunan GKPB Dalung

“Saya akan tampil all out tingkat nasional memberikan yang terbaik untuk Kota Denpasar,” ujar gadis alumni SD Cipta Dharma Denpasar ini.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular