Raih Predikat WTP Oleh BPK, Jadi Kado Istimewa di Hari Jadi Kota Bangli ke-818

Bupati Sedana Artha menerima predikat WTP dari BPK di gedung DPRD Bali. (Istimewa)
Bupati Sedana Artha menerima predikat WTP dari BPK di gedung DPRD Bali. (Istimewa)

BANGLI, balipuspanews.com – Bertempat di Gedung DPRD Provinsi Bali, Selasa (17/5/2022), Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menerima hasil audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah LKPD Kabupaten Bangli Tahun Anggaran 2021 dengan predikat WTP yang diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bali Wahyu Priyono, pada acara penyerahan LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota dan Kabupaten Provinsi Bali.

Ketua BPK RI Provinsi Bali Wahyu Priyono menyampaikan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2006, BPK RI telah melakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota dan Kabupaten di Bali tahun 2021.

Pemeriksaan ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah Kota dan Kabupaten di wilayah Provinsi Bali Tahun Anggaran 2021 dengan memperhatikan kesesuaian standar akuntansi pemerintah atau SAP, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian intern.

Baca Juga :  Tekankan Pelayanan Prima, Dewan Tetapkan Ranperda Penyertaan Modal BPR Bank Daerah Bangli Menjadi Perda

Ditambahkan, berdasarkan hasil pemantauan tindak lanjut per Desember2021, atas rekomendasi BPK RI untuk Laporan Hasil Pemeriksaan TA 2021 dan sebelumnya pada seluruh entitas di Bali, mengungkapkan bahwa terdapat 10.585 rekomendasi senilai Rp 428.544 milyar.

Dari Rekomendasi tersebut, sebanyak 10.213 rekomendasi, senilai Rp 335.665 miliar atau 96,49 persen, dari keseluruhan rekomendasi telah ditindaklanjuti dengan semestinya.

Sebanyak 357 rekomendasi atau 3,37 persen dari keseluruhan rekomendasi, dalam proses tindak lanjut. 15 Rekomendasi atau 0,14 persen dari keseluruhan rekomendasi belum ditindak lanjuti, dan 82 rekomendasi atau 0,42 persen dari keseluruhan rekomendasi senilai Rp 59,137 miliar tidak dapat ditindak lanjuti.

BPK mengapresiasi usaha usaha perbaikan yang telah dan akan dilakukan oleh Pemerintah Kota dan Kabupaten se-Provinsi Bali atas Pengelolaan Keuangan Daerah TA 2021, yang sebagian besar sesuai dengan action plan yang dibuat oleh Walikota dan Bupati pada entitas di Bali, sehingga dalam LKPD Tahun 2021 terjadi perbaikan dalam penyajian laporan keuangan, termasuk di Kabupaten Bangli.

Baca Juga :  Tekankan Pelayanan Prima, Dewan Tetapkan Ranperda Penyertaan Modal BPR Bank Daerah Bangli Menjadi Perda

BPK RI akan tetap mendorong Pemerintah Kota dan Kabupaten di Bali untuk melakukan upaya perbaikan berkelanjutan secara sistemik dan konsisten. Untuk itu BPK RI memberikan opini WTP atau wajar tanpa pengecualian atas seluruh laporan keuangan Pemerintah Kota dan Kabupaten di Bali Tahun 2021.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan rasa terima kasih terhadap BPK, atas capaian opini WTP untuk LKPD TA 2021 Kabupaten Bangli, yang sekaligus menjadi kado ulang tahun Bangli ke-818.

Menurutnya, raihan capaian WTP untuk Kabupaten Bangli adalah hasil dari kerja keras sekaligus kerjasama yang baik antara Pemkab Bangli dan DPRD Bangli, yang dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Bangli.

Baca Juga :  Tekankan Pelayanan Prima, Dewan Tetapkan Ranperda Penyertaan Modal BPR Bank Daerah Bangli Menjadi Perda

Bupati Sedana Arta juga bertekad, akan terus berbenah diri bersama jajarannya, sekaligus menjadikan opini WTP dari BPK ini sebagai semangat untuk lebih baik lagi kedepannya.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan