Rak Piring Aluminium atau Stainless Steel, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi Rak Piring
Ilustrasi Rak Piring

balipuspanews.comRak piring menjadi salah satu perabotan yang cukup penting di dapur. Pembelian rak piring juga tidak bisa dianggap sepele, seperti harus memilih yang kuat, mudah dibersihkan dan juga tidak mudah berjamur.

Saat ini ada banyak sekali variasi rak piring yang tersedia. Anda pun bisa pusing memilihnya jika tidak menentukan ingin beli rak piring berbahan dasar apa. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah aluminium dan juga stainless steel.

Kedua jenis rak piring ini punya banyak ukuran, jadi bisa digunakan sebagai rak piring utama, maupun rak pengering piring yang baru dicuci yang diletakkan di dekat wastafel.

Lalu mana yang lebih baik, rak piring aluminium atau stainless steel? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Rak Piring Aluminium

Rak piring dari bahan yang satu ini ada banyak jenisnya. Ada yang full aluminium, ada juga yang memiliki pintu kaca.

Bentuknya juga ada yang kecil dan cocok sebagai rak untuk mengeringkan piring yang baru dicuci, ada juga rak berukuran jumbo untuk menyimpan semua peralatan makan.

Nah, kelebihan dari rak piring berbahan aluminium ini adalah tahan panas dan kokoh. Rak piring ini masih kuat dipakai untuk menyimpan berbagai piring, mangkuk dan gelas di rumah Anda.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Tekankan Wisudawan Grandiozza International Hospitality untuk Bergerak Meraih Mimpi

Jika anda membeli yang punya pintu kaca, maka peralatan makan anda jauh lebih steril karena memiliki pintu yang tertutup rapat.

Namun kekurangan dari rak yang satu ini adalah mudah kotor, terutama yang tidak memiliki pintu alias hanya rak piring biasa.

Ini karena tetesan air dari piring yang belum kering sempurna tapi sudah disimpan di rak piring akan terakumulasi dan mudah sekali menjadi kerak jika terkena debu atau kotoran lainnya.

Jika dibiarkan dalam waktu lama maka kotoran akan menempel dan sedikit sulit dibersihkan. Dan jika Anda membeli yang memiliki pintu kaca, maka harus lebih waspada tidak terlalu kuat saat membuka atau menutup pintu rak saat menyimpan piring.

Kelebihan dan Kekurangan Rak Piring Stainless Steel

Rak piring dari stainless steel banyak disukai karena sifatnya yang kokoh dan tahan lama, bahkan lebih baik dari aluminium untuk soal ketahanan.

Rak piring ini juga punya banyak ukuran dan desain yang bisa disesuaikan dengan style dapur Anda.

Anda bisa membeli rak kecil untuk diletakkan di dekat wastafel, atau untuk menyimpan pisau dan bumbu-bumbu dapur.

Baca Juga :  Operasi Zebra Agung 2022 di Klungkung, Pelanggar Hanya Diberikan Teguran

Rak jenis ini juga aman sebagai rak piring gantung karena bahannya kuat.

Selain kokoh dan tahan lama, kelebihan dari rak piring stainless ini adalah mudah dibersihkan karena stainless tidak punya lubang atau pori sehingga aman dibersihkan dengan air tanpa meninggalkan bekas.

Selain itu stainless steel juga bersifat isolator yang artinya rak piring dari bahan ini tidak mudah kotor karena kotoran tidak mudah menempel di permukaannya.

Anda pun bisa merasa lebih aman saat menyimpan tumpukan piring kaca maupun mangkuk besar karena stainless steel termasuk bahan yang kuat menahan beban seperti ini.

Rak piring ini juga tidak mudah retak atau patah asal Anda menyimpan peralatan makan sesuai dengan ukuran rak-nya.

Dari kelebihan tersebut, rak piring dengan bahan stainless steel juga memiliki kekurangan, antara lain harganya yang lebih mahal jika dibandingkan rak piring aluminium atau plastic. Hal ini sesuai dengan kualitas bahannya yang awet dan kokoh.

Selain itu stainless steel juga tidak tahan panas, jadi Anda harus menempatkannya jangan terlalu dekat dengan kompor.

Lalu, Mana Rak Piring Terbaik?

Hal ini tentu sangat subjektif karena bisa berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung budget dan juga desain dapur Anda secara keseluruhan. Yang terpenting adalah memilih rak piring sesuai kebutuhan di dapur Anda.

Baca Juga :  Terapkan Aturan Bebas Plastik, Pasar Seni Guwang Jadi Percontohan 

Selain itu juga perhatikan penempatannya agar tidak membahayakan anda dan keluarga, terutama jika punya anak kecil di rumah yang suka memegang benda-benda di rumah.

Jauhkan juga rak piring dari kompor agar tidak sampai membuat rak piring malah meleleh dan berubah bentuk karena paparan panas yang konstan.

Jika anda memiliki budget terbatas, rak piring aluminium tentu sudah pilihan yang pas karena tergolong kokoh dan juga awet. Namun jika budget anda ada lumayan banyak, membeli rak piring stainless steel bisa jadi pilihan terbaik karena walaupun lebih mahal, namun bisa dipakai lebih lama dan tampilannya lebih modern.

Masih belum bisa menentukan mau beli rak piring yang terbuat dari bahan apa? Coba cek situs Blibli.com untuk menemukan ribuan produk rak piring yang bisa anda sesuaikan dengan style, harga dan juga bahan pembuatnya.

Jika ada yang cocok, tinggal dipesan secara online dan duduk manis di rumah menunggu paket datang. Semoga bermanfaat!

Penulis : Gde Candra

Editor : Oka Suryawan