Rakor Jalan Tol, Koster Percepat Pembebasan Lahan

Gubernur Bali Wayan Koster (kanan) dan Sekretaris Kabinet Pranomo Anung (kiri)
Gubernur Bali Wayan Koster (kanan) dan Sekretaris Kabinet Pranomo Anung (kiri)

DENPASAR, balipuspanews.com – Percepatan pengerjaan Jalan Tol Jagat Kerthi Bali menjadi poin penting dalam rakor (Rapat Koordinasi) antara Gubernur Koster bersama Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Anung Wibowo dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian PUPR, Danang Parikesit pada, Jumat (Sukra Paing, Ugu) 23 September 2022 di Jakarta.

Rakor ini digelar, setelah sebelumnya Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono bersama Gubernur Bali, Wayan Koster melakukan groundbreaking peletakan batu pertama pembangunan Jalan Tol Jagat Kerthi Bali di Pekutatan, Kabupaten Jembrana pada, Sabtu (Saniscara Wage, Prangbakat) 10 September 2022.

Gubernur Koster mengungkapkan, yang menjadi keputusan untuk segera dilaksanakan ialah mempercepat pembebasan lahan meliputi pengukuran lahan oleh BPN Bali, kemudian mempercepat penentuan harga lahan oleh Penyedia Jasa, mempercepat pembayaran lahan oleh Konsorsium Pemrakarsa, dan mempercepat konstruksi oleh Konsorsium Pemrakarsa.

“Agar hasilnya berkualitas, saya ditugaskan untuk melakukan pengawasan hingga mengevaluasi secara ketat dan rutin, kemudian hasilnya dilaporkan ke Menteri PUPR di Jakarta,” ujarnya.

Percepatan Pengerjaan Jalan Tol Jagat Kerthi Bali yang melalui 3 Kabupaten, 13 Kecamatan, 58 Desa dengan panjang mencapai 96,21 Km ini dilakukan untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia secara niskala – sakala sesuai visi pembangunan daerah Bali, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Penulis : Budiarta

Editor : Oka Suryawan