Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBangliRancang PAD Rp 38 Miliar, Fraksi Demokrat Apresiasi Bupati Sedana Artha

Rancang PAD Rp 38 Miliar, Fraksi Demokrat Apresiasi Bupati Sedana Artha

BANGLI, balipuspanews.com– Fraksi Partai Demokrat DPRD Bangli memberikan apresiasi kepada bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha yang merancang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 38 miliar pada rancangan APBD Perubahan 2023. Sikap partai bergambar mercy itu disampaikan juru bicara Fraksi Demokrat I Made Sudiasa saat menyampaikan pandangan umumnya dalam rapat paripurna DPRD Bangli, Senin (28/8/2023).

Selain itu, Demokrat juga salut dengan langkah bupati yang mampu merancang dana transfer pusar sebesar Rp 25 miliar.

“Terkait OPD yang telah mampu menaikan PAD secara optimal, agar Pemda memberikan penghargaan untuk mengalokasikan anggaran yang layak, proporsional, dan berkeadilan,” kata Sudiasa.

Secara khusus fraksi Demokrat
memberikan saran kepada pemerintah daerah agar bisa menggali secara optimal dan memastikan sumber sumber anggaran. Apakah dana transfer pusat, antar daerah maupun PAD Bangli.

Dilain pihak fraksi Golkar mengharapkan eksekutif menggali potensi baru untuk meningkatkan PAD. Melalui juru bicaranya, I Nengah Darsana, Golkar melihat masih cukup besar potensi yang belum tergarap dan terkelola dengan baik.

Menurut Darsana, pembangunan daerah ditujukan untuk mencapai sasaran pembangunan nasional serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata.

Secara khusus, fraksi beringin mempertanyakan RAPBD Perubahan 2023 berpihak kepada layanan dasar masyarakat seperti pendidikan, perekonomian dan kesehatan.

Golkar juga menyinggung target yang dipasang eksekutif terkait infrastruktur jalan. Apakah bisa selesai 2023 atau
masih akan berlanjut pada tahun anggaran berikutnya.

Sementara itu fraksi PDIP lewat juru bicaranya Putu Arya Astawa menekankan APBD Perubahan berpihak pada kebijakan pro rakyat. PDIP mencontohkan seni budaya hingga penguatan ekonomi kerakyatan.

Astawa menegaskan, tambahan strategi apa yang telah di rancang pemerintah daerah untuk penguatan sektor pariwisata yang semakin tumbuh sehingga pendapatan daerah tercapai sesuai target.

Fraksi Restorasi Hati Nurani melalui pembicara Ketut Guna berpendapat agar ekskutif betul-betul menggali potensi sumber pendapatan daerah, khususnya pemanfaatan destinasi alam yang ada di Bangli.

Kepada masing-masing OPD, fraksi restorasi Hati Nurani agar dapat lebih serius dan punya komitmen untuk menindaklanjuti aspirasi-aspirasi yang ada di dalam masyarakat.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Bangli, Ketut Suastika yang didampingi wakil ketua DPRD Komang Carles dan Nyoman Budida. Dari pihak eksekutif hadir Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha.

Penulis/Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular