Kadisdikpora Bali KN Boy Jaya Wibawa memimpin pertemuan kepala SMA-SMK se Bali
Kadisdikpora Bali KN Boy Jaya Wibawa memimpin pertemuan kepala SMA-SMK se Bali

DENPASAR, balipuspanews.com- Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali tidak ingin kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terulang dalam penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2020/2021 mendatang.

Mengantisipasi hal itu, Disdikpora Bali Sabtu ( 18/1/2020), menggelar rapat dengar pendapat dengan Kepala Sekolah SMA/SMK beserta Ketua Komite Sekolah di aula Disdikpora Bali. Hasil pertemuan itu akan dijadikan acuan terbitnya Pergub tentang PPDB.

Kadisdikpora Provinsi Bali I Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa mengatakan, dalam penyusunan Pergub tentang PPDB 2020, pihaknya mengumpulkan seluruh kepala sekolah dan komite sekolah se-Bali dan setelah ini rampung akan diharmonisasi ke pusat.

Dikatakan Boy, dalam rapat ini belum ada keputuskan terkait proporsi persentase antara jalur zonasi, prestasi, siswa miskin , dan perpindahan orang tua siswa, masih bertumpu pada Permendikbud.

Dalam pembentukan Pergub PPDB 2020 ini, kata Boy, yang dijadikan acuan adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 44 tahun 2019 tentang PPDB.

“ Ini merupakan tindak lanjut Permendikbud No. 44 tahun 2019 yang sudah turun, tentang PPDB 2020, sebutnya,” Sabtu (18/1/2020).

Setelah nanti rampung dan berlaku Pergub ini, pihaknya berharap PPDB 2020 tidak ada lagi optimalisasi seperti tahun sebelumnya, dengan banyak terjadi semacam ada ketidakpuasan atau ketidakadilan.

Permasalahan yang dominan terjadi sebelumnya terkait zonasi, karena persoalan jarak mereka jadi sia-sia.

Dalam PPDB ini nantinya masih ada perbedaan antara SMA dangan SMK. Dimana untuk masuk SMA masih menggunakan sistem zonasi, sedangkan jika masuk SMK tidak menggunakan sistem zonasi, hanya bersaing pada jalur prestasi, sesuai prestasi akademik dan non akademik.

“ Terkait rombongan belajar, masih tetap berlaku seperti dulu yaitu untuk SMA/SMK yaitu 20-36 siswa perrombel,” tandasnya.(bud/tim/bpn)