14/08/2020, 11:15 AM
Beranda Bali Rangsang Minat Baca, BI Buka BI Corner dan Pojok Baca

Rangsang Minat Baca, BI Buka BI Corner dan Pojok Baca

DENPASAR, balipuspanews.com- Bank Indonesia ( BI) terus menunjukan komitmentnya untuk membantu peningkatan kualitas pendidikan di tanah air. Seperti langkah BI perwakilan Bali yang membuka BI corner dan pojok baca untuk meningkatkan literasi dikalangan siswa, mahasiswa, guru, dosen hingga masyarakat umum.

Peresmian BI corner dan pojok baca serta dongeng PAUD berlangsung di Graha Tirta Gangga, gedung KPWBI provinsi Bali, Senin ( 16/12/2019). Selain itu juga digelar bedah buku Bank 4.0 yang dihadiri direktur Bank BI Perwakilan Bali Trisno Nugroho.

Dalam sambutnya, Trisno Nugroho menyebutkan, program tersebut
merupakan penguatan sinergi dan kolaborasi dalam mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi melalui penguatan edukasi masyarakat di bidang ekonomi.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai sebuah bank sental, kata Nugroho, Bank Indonesia terus berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang peran dan kebijakan yang dikeluarkan melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi.

Edukasi dan sosialisasi tersebut tidak hanya dilakukan kepada hal-hal yang terkait dengan tugas Bank Indonesia
namun juga dilaksanakan dalam bentuk kegiatan sosial yang diberi nama Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Melalui salah satu tema unggulan PSBI “Indonesia Cerdas”, Bank Indonesia menginisiasi Program BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD. Program ini dilaksanakan untuk mendukung upaya memperkuat pemahaman masyarakat tentang fungsi dan peran Bank Indonesia. Sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat dan kegiatan sosialisasi.

Hal ini juga tidak terlepas dari semangat Bank Indonesia untuk berperan aktif dalam menumbuhkan minat baca dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kebanksentralan.

BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD dibangun dengan desain dan fasilitas memadai yang dilengkapi dengan koleksi pustaka yang berkualitas, baik dari dalam maupun luar negeri. Lebih jauh, BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD juga dikembangkan dengan berbagai kegiatan-kegiatan aktivasi yang bersifat edukatif. Dengan demikian diharapkan dapat lebih menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan BI Corner dan fasilitas yang disediakan.

Secara bertahap, BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD direncanakan hadir di setiap jenjang pendidikan dan perpustakaan daerah terpilih serta beberapa sarana publik strategis.

Pembangunan BI Corner dan Pojok Baca & Dongeng PAUD di Provinsi Bali telah dilaksanakan sejak tahun 2015.

” Pada tahun 2019, kami telah melaksanakan pembangunan 5 unit BI Corner di Universitas Udayana, Dispusip Kota Denpasar, Dispusip Kab. Karangasem, SMAN 1 Singaraja dan SMKN Bali Mandara. Kami juga telah membangun 5 unit Pojok Baca & Dongeng PAUD di TK Dharma Wiweka, TK Wipara, TK Imanuel, TK Santa Maria dan TK Lab Undiksha. Dengan demikian, kami telah memiliki 15 BI Corner dan 6 Pojok Baca & Dongeng PAUD yang tersebar di seluruh wilayah kerja KPwBI Provinsi Bali,” kata Nugroho.

Untuk mendukung penyediaan fasilitas BI Corner yang berkualitas di masing-masing BI Corner, BI telah menyediakan 300 buah buku yang terdiri dari 250 buah buku berbahasa Indonesia dan 50 buah buku berbahasa Inggris.

Selain itu juga terdapat 1 buah PC yang berisi materi edukasi mengenai kebanksentralan, presentasi kajian ekonomi dan hasil survei serta kebijakan BI terbaru yang akan terus di-update secara rutin.

Kedepannya pengembangan program BI Corner akan tetap berbasis pada edukasi tentang Bank Indonesia dan kegiatan sekitar bidang ekonomi.
Sedangkan untuk mendukung penyediaan fasilitas Pojok Baca & Dongeng PAUD yang berkualitas di masing-masing Pojok Baca & Dongeng PAUD, kami telah menyediakan 100 buah buku. Selain itu juga terdapat 1 set alat peraga mendongeng. Dengan demikian, penerima manfaat memiliki alat bantu pembelajaran yang cukup untuk mengajar anak-anak tentang Bank Indonesia, mengenal uang Rupiah dan hubungannya dengan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. (rls/bas/tim/bpn)

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...