Pelatihan kepariwisataan guru sma-smk dibebek bengil Ubud, Gianyar
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Gianyar, balipuspanews.com- Ratusan guru SMA dan SMK se – Gianyar dan Klungkung mengikuti pelatihan dasar SDM kepariwisataan diaula Bebek Bengil, Ubud, Gianyar, Selasa ( 8/5) 2018. Acara yang menghadirkan Deputi kementrian pariwisata itu dibuka oleh kepala dinas pariwisata Bali AA Gede Yuniartha.

Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 wita sampai pukul 16.00 wita itu juga dihadiri oleh Kadisparda Gianyar AA Ari Brahmanta serta perwakilan Kadisparda Klungkung. Hadir juga Deputi kementrian pariwisata Gusti Ayu Hendriyani.

“ Pelatihan kepariwisataan melibatkan guru baru pertama kali. Kami sangat mengapresiasi. Ini bagian dari konsep pembangunan berkesinambungan,” ujar Kadisparda Gianyar, Ari Brahmanta didepan dewan guru.

Pihaknya berharap, pelatihan seperti ini bisa bisa berlangsung dari guru SD dan berkesinambungan. Sebagai daerah yang tidak mempunyai kekayaan alam demikian Brahmanta, Bali sangat tergantung pada sektor pariwisata.

“ Jika pariwisata anjlok dampaknya sangat luas,” sebutnya lagi.

Lebih jauh kata pria asal Ubud itu, pariwisata berdampak nyata pada empat hal penting. Pertama, pariwisata mempengaruhi perubahan ekonomi masyarakat, kedua, dibidang sosial berdampak pada lapangan pekerjaan, ketiga dibidang kebudayaan menjadi domain dimasyarakat dan keempat dibidang lingkungan, bisa merubah prilaku.

Sementara itu, Kadisparda provinsi Bali AA Yuniartha menyebutkan, pelatihan SDM kepariwisataan bagi guru SMA- SMK adalah prakarsa dari kementrian pariwisata. “ Pelatihan ini diharapkan bisa menciptakan kader – kader pariwisata kedepan. Guru adalah orang tua siswa disekolah. Guru punya peran penting dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme yang salah satunya adalah tentang kepariwisataan,” ujar Yuniarta.

Gusti Ayu Hendriyani dari Deputi Kementrian Pariwisata  menyebutkan, pariwisata adalah sumber penghasilan negara terbesar kedua setelah sektor pertanian. “ Tahun 2019 nanti ditargetkan 20 juta kunjungan wisatawan ke Indonesia. Kita harus bersinergis untuk mencapai tujuan,” terang Hendriyani yang juga dosesn STP Nusa Dua itu. Pelatihan SDM kepariwisataan bagi guru tersebut adalah kelanjutan program kementrian pariwisata dengan slogan Indonesia wonderfull  sebagai ajang promosi pariwisata. ( sur)

Tinggalkan Komentar...