Ratusan Napi WBP Lapas Bangli Divaksin Tahap II, 18 Terpapar Covid-19

Sebanyak 219 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Bangli menjalani vaksinasi tahap II berlangsung di Ruang Serbaguna Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli, pada Senin (23/8/2021)
Sebanyak 219 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Bangli menjalani vaksinasi tahap II berlangsung di Ruang Serbaguna Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli, pada Senin (23/8/2021)

DENPASAR, balipuspanews.com – Sebanyak 219 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Bangli menjalani vaksinasi tahap II berlangsung di Ruang Serbaguna Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli, pada Senin (23/8/2021).

Menariknya, ada dua napi warga negara asing asal Rusia dan Inggris yang menolak di vaksin tanpa alasan yang jelas.

Vaksinasi Covid-19 tahap II berlangsung dari pukul 09.00 wita hingga pukul 11.00 wita. Kegiatan terlaksana berkat kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli.

“Vaksinasi ini diikuti oleh seluruh WBP sebanyak 219 orang,” terang Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali, Jamaruli Manihuruk, pada Senin (23/8/2021).

Dijelaskanya, dari 219 WPB yang divaksin dengan rincian sebagai berikut. Dimana total 147 orang tiga diantaranya warga negara asing. 72 orang tidak mendapatkan vaksinasi diantaranya, 6 orang ODHA, 4 orang sudah vaksin lengkap, 4 orang divaksin jenis Astra Zeneca (tidak tersedia vaksin).

Baca Juga :  Polres Badung Selidiki Penyebab Terbakarnya Pasar Mengwi

Kemudian, 15 orang tahanan telah terkonfirmasi Positif Covid-19 sebelumnya di Polda Bali. 3 orang telah terkonfirmasi Positif Covid 19 sebelumnya di Polres Bangli. Dan, 35 orang ditunda karena ada penyakit penyerta. 1 orang bayi dan 2 tahanan yang masih dititiplan di Polres Bangli.

Dijelaskan Jamaruli, dari proses vaksinasi itu ada 2 WNA yang menolak divaksin tanpa alasan yang jelas yakni asal Rusia dan Inggris.

“Ya jadi ada dua orang WNA yang menolak vaksin, mereka tidak bersedia,” ungkap Jamaruli.

Diterangkannya, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar tanpa hambatan.

“Sementara vaksinasi untuk WBP yang mengalami penundaan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli,” pungkas Jamaruli.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Baca Juga :  Rekonstruksi Tewasnya Pegawai Bank BPD Gianyar, 2 Tersangka Dijerat Pasal 340 KUHP

Editor : Oka Suryawan