Ratusan Penumpang KM AWU Diperiksa Identitas dan Barang Bawaan

Jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Benoa dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Benoa saat melakukan pemeriksaan identitas
Jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Benoa dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Benoa saat melakukan pemeriksaan identitas

BENOA, balipuspanews.com – Kapal Awu yang datang dari Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat tiba di Pelabuhan Benoa, pada Senin (6/12/2021) sekitar pukul 08.00 WITA. Tibanya kapal penumpang itu menjadi atensi jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Benoa dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Benoa untuk melakukan pemeriksaan identitas.

“Setelah kapal Awu tiba, kami memeriksa 600 penumpang di kapal tersebut,” ujar perwira Pengawas Polsek Benoa Iptu Nyoman Edy Suharya, Senin (6/12/2021).

Diterangkannya, pengawasan terhadap semua penumpang yang datang ke Bali melalui Pelabuhan Benoa memang sejatinya mendapat pemeriksaan ketat. Pihaknya melakukan pemeriksaan mulai dari identitas berupa KTP, surat perjalanan dinas, surat vaksin dan surat rapid tes.

Baca Juga :  Terima Nota Keuangan 2023, Puan Minta Insentif Pajak Dipertajam Demi PEN

“Ratusan penumpang ini datang dari NTT dan NTB. Mereka semua kita periksa sesuai dengan prosedur protokol kesehatan,” terang Iptu Edy.

Kemudian, untuk pemeriksaan administrasi penumpang, persyaratan lainnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan (prokes) juga diperiksa satu persatu.

“Pemeriksaan berkaitan dengan prokes ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini di beberapa negara varian baru Omicron sudah ada,” terangnya.

Keterangan terpisah, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Benoa Kompol I Nyoman Wiranata mengatakan pengetatan di Pelabuhan Benoa bekerja sama dengan instansi terkait. Dalam hal ini pihaknya terus melakukan sosialisasi, tak hanya kepada para penumpang tetapi kepada warga sekitar dan juga para nelayan.

“Para penumpang tidak bisa begitu datang langsung keluar untuk meninggalkan terminal. Sebelum meninggalkan terminal terlebih dahulu diperiksa. Dalam pemeriksaan hari ini (kemarin) semuanya lengkap. Ini menunjukan kesadaran masyarakat kita sudah bagus, tetapi tetap tidak boleh lengah,” pungkasnya.

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI ke-77, Sekda Adi Arnawa Hadiri Acara Kreativitas Lomba di Banjar Bumi Mekar Sari

Penulis : Kontributor Denpasar

Editor : Oka Suryawan