Senin, Juni 17, 2024
BerandaKarangasemRatusan Permohonan Program Atma Kerthi Terhambat Sistem, Hanya 10 Terealisasi

Ratusan Permohonan Program Atma Kerthi Terhambat Sistem, Hanya 10 Terealisasi

KARANGASEM, balipuspanews.com – Dari ratusan permohonan penghargaan program atma kerthi yang masuk ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem, sepanjang bulan Januari 2024 baru 10 permohonan yang bisa direalisasikan.

Kondisi ini terjadi sebagai dampak adanya penyesuaian ke sistem SIPD RI ditambah adanya kendala pada jaringan sehingga menyebabkan keterlambatan dalam proses oeng SPJ an.

“Untuk jumlah permohonan per Januari 2024 ini ada sekitar 231 yang masuk, karena adanya penyesuaian sistem dan kendala pada di jaringan tersebut sehingga baru 10 permohonan yang bisa direalisasikan,” kata Kadisdukcapil Karangasem, I Made Kusuma Negara dihubungi, Jumat (2/2/2024).

Namun demikian, saat ini sistem dan jaringan sudah kembali normal dan sudah dapat dioperasikan kembali secara normal sehingga permohonan yang sebelumnya belum dapat diproses saat ini bisa tercover.

Bahkan, dengan kembali normalnya sistem tersebut, Kusuma Negara mengatakan pada awal February 2024 ini sudah ada sekitar 170 permohonan dananya sudah ditransfer tinggal menunggu pencairannya saja.

Sementara itu, pada APBD induk tahun 2024 ini, Program Atma Kerthi mendapat alokasi anggaran hingga Rp 6 Miliar lebih. Untuk besaran penghargaan sendiri masih sebesar Rp 2 Juta per satu permohonan. Untuk diketahui, Program Atma Kerthi merupakan pemberian penghargaan kepada warga atau ahli waris yang telah mengurus akta kematian keluarganya yang telah meninggal dunia.

BACA :  DPRD Bali Launching e-Audiensi, Layanan Publik untuk Audiensi dan Demo

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular