Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaDenpasarRatusan Personel Polisi dan TNI Amankan Kedatangan Wakil Presiden RI

Ratusan Personel Polisi dan TNI Amankan Kedatangan Wakil Presiden RI

DENPASAR, balipuspanews.com – Wakil Presiden KH Ma’aruf Amin dan Ibu Hj Wury Estu Ma’ruf Amin dan rombongan istana negara melaksanakan kunjungan kerja ke Bali, pada Selasa (5/12/2023). Guna mengamankan kunjungan kerja Wakil Presiden ke Bali, sebanyak 506 personel Polda Bali dan ratusan prajurit TNI Kodam IX/Udayana disiagakan.

Kesiapan ratusan personel tersebut merupakan rangkaian apel gelar pasukan Operasi Puri Agung X-2023 yang dipimpin Karo Ops Polda Bali Kombes Pol Soelistyono di Mapolda Bali.

Diinformasikan, kunjungan kerja Wakil Presiden Ma’aruf berlangsung selama 2 hari. Kedatangan Wakil Presiden akan membuka pelaksanaan RB Xperience dan penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) tahun 2023 pada tanggal 5 – 6 Desember 2023 di BNDCC Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung.

Pertemuan itu dihadiri sekitar 1.200 orang. Mulai dari instasi pemerintah yang terbagi menjadi 84 Kementerian/Lembaga, 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota, akademisi dari perguruan tinggi serta
perwakilan non pemerintah. Mengingat pentingnya acara yang dihadiri langsung Wapres Ma’aruf Amin itu maka kepolisian daerah Bali menyiapkan pengamanan ketat.

BACA :  Jelang Galungan, Distan Akan Adakan Pemeriksaan Terhadap Babi

Karo Ops Polda Bali Kombespol Soelistyono dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh personel beserta jajaran untuk pelaksanaan tugas dan bekerja sama dengan baik bersama aparat TNI dan instansi terkait lainnya.

“Sehingga seluruh rangkaian pengamanan event berjalan aman, lancar dan sukses. Operasi pengamanan ini digelar dua hari sesuai dengan agenda dari Wapres,” terangnya.

Ditegaskanya, pihak kepolisian harus bisa mastikan keamanan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah RB Xperience berjalan dengan aman dan lancar. Sebab, kegiatan ini menjadi wadah untuk peserta melakukan knowledge sharing lewat peer teaching, ada pula coaching clinic, serta akan ada kegiatan Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, SAKIP dan ZI 2023.

Kesiapan serupa dilaksanakan oleh aparat Kodam IX/Udayana. Ratusan prajurit Kodam Udayana yang terlibat dalam pengamanan VVIP mengikuti apel gelar pasukan di di Aula Makorem 163/Wira Satya, Jalan PB Sudirman, Denpasar Barat kemarin pagi. Apel gelar pasukan itu dipimpin langsung oleh Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M Latif.

Para prajurit yang terlibat dalam pengamanan ini juga diminta untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang dengan unsur pengamanan lainnya seperti kepolisian. Dengan demikian keamanan Wapres dan rombongan serta tamu dalam pertemuan itu terjamin.

BACA :  Pro Kontra Hak Angket Kecurangan Pemilu Harus Disandarkan pada Konstitusi

“Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP harus direncanakan dengan matang dan tidak ada istilah rutinitas, dalam pelaksanaan pengamanan memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar sasaran pengamanan baik obyek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan maksimal,” tegas Pangdam dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Brigjen Agus M Latif.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular