Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKlungkungRatusan Raja se-Nusantara Meriahkan Festival Adat Budaya Nusantara di Klungkung

Ratusan Raja se-Nusantara Meriahkan Festival Adat Budaya Nusantara di Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Kabupaten Klungkung menjadi tuan rumah berkumpulnya ratusan raja se-Nusantara dan mancanegara dalam Festival Adat Budaya Nusantara I yang digelar di Alun-Alun Ida I Dewa Agung Jambe, Kamis (18/8/2022).

Hadir langsung dalam kegiatan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Fokompinda Klungkung dan sebanyak 211 kerajaan dari seluruh Nusantara yang tergabung dalam Masyarakat Adat Nusantara (Matra) dan belasan perwakilan kerajaan dari mancanegara.

Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta mengucapkan selamat datang dan terimakasih terpilihnya Kabupaten Klungkung sebagai tempat pertama kali di gelarnya Festival Adat Budaya Nusantara.

“Kabupaten Klungkung sebagai tempat pusatnya kerajaan di Bali semoga dengan terselenggaranya Festival Adat dan Budaya Nusantara Kabupaten Klungkung semakin terkenal di Nusantara maupun ke Mancanegara,” ujarnya.

Dirinya juga berharap Raja se-Nusantara yang hadir memberikan nuansa positif bahwa dulunya Klungkung ini sebagai pusat kerajaan hingga sekarang masih memuliakan dan mencintai adat, budaya.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangku Alam II sebagai Ketua DPP Matra mengatakan, Festival Adat dan Budaya Nusantara yang pertama kali diadakan ini adalah sebagai bentuk upaya memperkuat silaturahmi kerajaan dan lembaga adat sekaligus menggali potensi ekonomi serta menunjukkan kepedulian pada ketahanan adat dan budaya nusantara.

BACA :  DPR Sahkan UU Desa dan UU Daerah Khusus Jakarta

“Festival ini sebagai upaya untuk melestarikan adat dan budaya Nusantara dan mempertahankan eksistensi adat dan budaya,” ujar Pangeran Adipati Arya.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular