Ratusan Telor Penyu Diamankan Polisi di Pantai Tribuana

Temuan ratusan telor penyu dipantai Tribuana dipindahkan ke penangkaran BKSDA di pantai Klotok.
Temuan ratusan telor penyu dipantai Tribuana dipindahkan ke penangkaran BKSDA di pantai Klotok.

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Pagi-pagi warga dikejutkan dengan adanya temuan Telor Penyu yang berserakan di pantai diseputaran Loket Penjualan tiket Pantai Tribuana Kusamba, Senin(10/8).

Awalnya warga menduga, telur tersebut sengaja di taruh ditempat tersebut, sehingga polisi dikontak untuk mengecek.

Setelah menerima laporan warga tersebut, kebetulan saat itu KBO Sat Pol Air Iptu I Gede Yasa dan personil lainnya berada di seputaran pelabuhan pun langsung ke lokasi mengecek temuan telor penyu tersebut.

Setelah dihitung petugas Satpol Air telur penyu itu berjumlah sekitar 110 butir, kemudian telor tersebut dipindahkan ke dalam ember kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alama (BKSDA) yang tergabung dalam kelompok penyelamat penyu yang ada di pantai Kelotok siangnya.

Mendapati temuan ini personil sat Pol Air polres Klungkung dikordinir Ipda Gede Yasa  lantas berkoordinasi dengan kelompok penyelamat penyu yang ada di Pantai Klotok. Puluhan telur ini pun langsung dipindahkan ke tempat penangkaran di Pantai klotok.

“Telur ini sudah diselamatkan, dan nanti juga dilakukan pengecekan di ruas lain pantai setempat,” ujar Ipda Gede Yasa.

Sementara itu ditempat penangkaran milik BKSDA di pantai Klotok ditemui SatPolair Ipda Gede Suparta menyebutkan bahwa untuk saat ini dikawasan Pantai Klotok sudah ada kelompok Penyelamat Pelestarian Penyu Pantai Klotok yang beranggotakan 8 orang dengan Ketuanya Wayan Seregeg. Kelompok ini sudah mendapatkan pembinaan langsung dari BKSDA propinsi Bali.

“Kelompok Pelestarian Penyu di Pantai Klotok ini sudah mendapatkan penyuluhan dari pihak BKSDA Prop Bali oleh A.A Gede Kusuma Yuda dan kelompok pelestarian habitat satwa dilindungi Kelompok Pelestarian Penyu Watu Klotok ini terbentuk  dengan Ketuanya Wayan Seregeg. Saat ini memiliki anggota sebanyak 8 orang,” Jelas Ipda Gede Suparta di penangkaran Penyu di pantai Klotok.

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan