Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengRayakan HUT Kota Singaraja, Sastrawan Buleleng Gelar Pesta Puisi

Rayakan HUT Kota Singaraja, Sastrawan Buleleng Gelar Pesta Puisi

Singaraja, balipuspanews.com| Puluhan sastrawan di Buleleng menggelar Pesta Puisi dan Teater merayakan HUT Kota Singaraja ke-413. Acaranya sendiri dilangsungkan di Taman Kota Singaraja dan diinisiasi oleh Dermaga Seni Buleleng (DSB).

Dulunya Dermaga Seni Buleleng sebenarnya sering terlibat dalam berbagai kegiatan HUT Kota Singaraja. Namun sejak beberapa tahun terakhir, kegiatan sastra seolah terabaikan dalam agenda HUT kota. Sejak empat tahun terakhir, setidaknya baru tahun ini agenda sastra secara resmi masuk dalam agenda HUT Kota Singaraja.

Dalam acara Pesta Puisi dan Teater itu, sejumlah komunitas ambil bagian dengan menghadirkan musikalisasi puisi. Komunitas itu antara lain Komunitas Sembilan Pohon SMAN Bali Mandara, Komunitas Poleng SMPN 4 Singaraja, Teater Galang Kangin SMAN 4 Singaraja, Teater Kalangan, serta Komunitas Cemara Angin.

Pasangan sastrawan Kadek Sonia Piscayanti dan Made Adnyana Ole, membacakan puisi berjudul Rick Dari Corona karya WS. Rendra dan berhasil menyita perhatian. Maklum saja pasangan ini jarang tampil bersama di atas panggung.

Gde Artawan bersama Komunitas Api menghadirkan pementasan yang cukup mencekat. Mereka menampilkan kolaborasi puisi dan fire dance. Dalam pementasan itu Artawan membacakan puisi berjudul Api dan Semangat Cintaku karya Gde Artawan. Dalam pementasan itu Artawan benar-benar membakar dirinya sendiri menggunakan obor.

BACA :  Bappeda Gianyar Gelar Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025

Ada pula Anak Agung Brawida yang notabene cucu dari sastrawan Bali Utara, A.A. Pandji Tisna yang tampil membawakan lagu Singa Buldog. Komunitas Nireng dengan puisi Ibu Cahaya karya Gde Artawan.

Budayawan Ketut Syahruwardi Abbas juga hadir melakukan orasi budaya sekaligus membaca puisi Aku karya Chairil Anwar. Sastrawan Putu Putri Suastini juga turut memeriahkan acara, dan seperti biasa ia tampil dengan gaya membacakan puisi yang membakar semangat.

Pentolan Dermaga Seni Buleleng, Gde Artawan mengungkapkan, para sastrawan selalu berupaya ikut ambil bagian dalam memeriahkan HUT Kota Singaraja. Buktinya tahun 2016 lalu, Dermaga Seni Buleleng tetap melakukan pesta sastra dan berupaya mencari donatur. Pentas itu dilakukan secara sederhana di Gedung Pramuka Kumarasthana.

“Tapi tahun ini kami sudah dilibatkan langsung, dan kami sangat bersyukur. Minimal kami ingin sastra tetap ada dan tidak terasing dari kehidupan kota, tetap menjadi bagian dalam denyut kota,” kata Artawan.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular