Mega -Hasto

JAKARTA, balipuspanews.com- Partai Demokarasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menargetkan kemenangan 60 persen dalam Pilkada 2020. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan PDIP menargetkan menang di beberapa kota seperti Medan dan Solo.

“Kami targetkan 60 persen. Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan,” kata Hasto saat menyampaikan konferensi pers di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020) malam. Hasto mengatakan bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah memberikan pengarahan kepada partai untuk lebih membuka diri terhadap kaum muda yang ingin bergiat di partai.

Hasto tak menjelaskan siapa saja anak muda yang dimaksud Mega. Namun, Hasto membenarkan salah satu yang kaum muda yang berpotensial adalah putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming.

“Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil,” katanya. Hasto juga tak menjawab tegas apakah partainya akan mendukung Achmad Purnomo, salah satu kadernya yang akan menjadi pesaing Gibran di Solo jika keduanya sama-sama mencalonkan. Katanya, itu merupakan kewenangan ketua umum partai.

“Itu (dukungan partai, red) adalah kewenangan Ibu Megawati Soekarnoputri, akan disampaikan pada momentum yang tepat,” kata dia.

“Sebenarnya Rakernas ini juga akan merekomendasikan sekitar 44 (calon kepala daerah)tetapi  melihat pada saat itu bagaimana banyak kepala daerah PDIP yang sedang bergiat mencanangkan tanggap darurat untuk bencana maka kemudian kami tunda. Kami lebih kedepankan kepentingan rakyat itu,” ujarnya.(tirto.id/BPN/tim)