Rektor Undiksha Masuk Kandidat Tiga Besar Anugerah Academic Leader 2022

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd
Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd

BULELENG, balipuspanews.com – Mendekati berakhir masa jabatannya sebagai Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. justru berhasil masuk tiga besar kandidat penerima Anugerah Academic Leader 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek).

Nama Prof. Jampel masuk dalam kategori Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) bersama Rektor Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE., IPU., ASEAN. Eng., dan Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP.,IPU.,ASEAN Eng.

Dari ketiga nama tersebut masing-masing akan mengikuti verifikasi/fact finding secara langsung di Kemendikbudristek, dan untuk Prof Nyoman Jampel dijadwalkan pada 29 November 2022 mendatang.

Baca Juga :  Jelang Pemilu 2024, KPU Buleleng Gelar Sosialiasi Tahapan Pencalonan Anggota DPD

Sekedar diketahui penyelenggaraan kegiatan anugerah Academic Leader diberikan kepada Dosen tanpa atau dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi yang selama bertugas telah menghasilkan karya inovatif bidang pembelajaran, bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berkontribusi nyata terhadap pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi tempat bekerja, menginspirasi teman sejawat dan sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.

Kemudian Anugerah Academic Leader ini juga merupakan salah satu prakarsa dari Kemdikbudristek untuk menggelorakan dan memperkuat implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) guna menghasilkan SDM Indonesia unggul, berakhlak mulia, dan berkepribadian Pancasila.

Selain PTN-BLU, anugerah ini juga ditujukan bagi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN-Satker).

Baca Juga :  Pantau Situasi Lalu Lintas Menjelang Nataru, Kapolres Buleleng Bagikan Helm Gratis

Prof Nyoman Jampel menyebutkan bahwa masuknya Ia sebagai kandidat penerima anugerah tidak terlepas dari dukungan civitas akademika Undiksha.

Menurutnya ini sebagai bentuk representasi dari pembenahan yang dilakukan secara bersama-sama dalam bingkai keharmonisan terhadap pelaksanaan berbagai program yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing universitas, termasuk untuk program MBKM.

“Ini semua karena kebersamaan dan keharmonisan yang telah kita bangun,” ungkapnya, Kamis (24/11/2022).

Apalagi selama kepemimpinannya sebagai rektor Undiksha, Prof. Jampel memang dikenal cukup getol mengkampanyekan “Keharmonisan” dalam berkinerja, khususnya pada civitas akademika Undiksha. Sebab kata pria yang lahir tahun 1959 tersebut keharmonisan adalah sebagai wujud dari implementasi Tri Hita Karana yang sekaligus menjadi landasan dalam mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul di Asia pada tahun 2045.

Baca Juga :  BNNP Bekuk Drivel Ojol Ambil Paketan Kokain Senilai 1 Miliar

“Kalau kita sudah harmonis, kita akan bisa bekerja dengan baik,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan