Rem Blong, Truk Box Terguling di Gitgit

Singaraja, balipuspanews.com — Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di jalur tengkorak Gitgit-Singaraja. Kali ini nahas menimpa kendaraan Light Truk Box Mitsubishi dengan nopol DK 8640 I.

Kendaraan mengangkut sembako terguling di kilometer 12-13 di Dusun Pererenan Bunut, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Senin (17/12) sekitar pukul 12.00 wita.

Beruntung, kejadian lakalantas Out Of Control (OC) ini tidak sampai ada korban jiwa. Hanya saja, sepanjang jalur utama itu sempat terjadi kemacetan beberapa jam, sebelum truk box tersebut berhasil dievakuasi.

Truk box mitsubhisi DK 8640 I yang diketahui mengangkut sembako milik perusahaan Clandys itu, dikemudikan Andra Rusid (35) warga Banjar Taman Gubug, Tabanan. Truk box itu terguling diduga karena rem mengalami masalah alias blong saat melintasi jalanan menikung dan menurun.

Seijin Kapolres Buleleng, Kasubbag Humas Polres Buleleng, Iptu. Gede Sumarjaya mengatakan, lakalantas akibat OC itu bermula dari kendaraan light truck box DK 8640 I datang dari arah selatan menuju ke arah utara. Saat tiba di TKP dengan kondisi jalanan menurun dan menikung ke kanan, tiba-tiba rem truk tidak berfungsi, sehingga mobil terjatuh dengan posisi terbalik. Alhasil, semua barang bawaan terjatuh keluar.

“Saat kejadian rem truk tidak berfungsi dengan normal alias blong, akibatnya truk yang dikemudikan oleh Andra lepas kendali dan jatuh terbalik di badan jalan dengan posisi kepala kendaraan mengarah ke utara, body sebelah kiri dibawah, body kanan berada diatas dan barang bawaan berupa sembako jatuh keluar,” ungkap Sumarjaya.

Meski dalam insiden lakalantas itu, tidak menelan korban jiwa. Namun kerugian ditafsir mencapai Rp1 juta, akibat dari kendaraan light box mitsubishi yang mengalami rusak pada body kiri serta juga kaca depan pecah.

“Pengemudi truk mengalami pada kaki kanan rasa nyeri, tapi hanya berobat jalan,” jelasnya.

Akibat truk itu terguling di badan jalan, sepanjang jalur di lokasi kecelakaan sempat terjadi kemacetan beberapa waktu. Namun kini kemacetan itu sudah berhasil ditangani pihak kepolisian. Sehingga, arus lalulintas sudah kembali lancar.

“Truk sudah berhasil dievakuasi menggunakan mobil derek. Sekarang, arus lalulintas sudah dalam kondisi lancar,” katanya.

Kini, insiden lakalantas tersebut masih dalam penanganan lebih lanjut oleh Unit Lantas Polsek Sukasada.

“Sementara ini, dugaan awal penyebab lakalantas itu, karena rem truk mengalami blong,” pungkasnya.