Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengReses, Sugawa Korry Satukan Visi Kembangkan Destinasi Wisata Desa Wanagiri

Reses, Sugawa Korry Satukan Visi Kembangkan Destinasi Wisata Desa Wanagiri

Singaraja, balipuspanews.com – Masa reses selama sepekan dimanfaatkan Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Sugawa Korry untuk menemui konstituen di Kabupaten Buleleng.

Kali ini, politikus asal Desa Banyuatis menemui konstituen terkait tujuan wisata di Desa Wanagiri.

Sugawa Korry mengatakan selama kegiatan tersebut, pihaknya menyelenggarakan dialog dengan kepala desa, bendesa (ketua adat) dan masyarakat Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada untuk membahas pengembangan destinasi wisata di desa tersebut.

“Masa reses saya isi kegiatan menemui warga masyarakat (konstituen) di sejumlah desa di Kabupaten Buleleng. Termasuk juga memberi masukan tentang wisata Desa Wanagiri,” kata Sugawa Korry di Denpasar, Selasa (1/8) malam.

Menurutnya, kawasan Desa Wanagiri memiliki potensi yang besar sebagai destinasi wisata, namun pengembangannya belum diatur secara baik.

“Di kawasan Desa Wanagiri tersimpan potensi yang besar sebagai daerah tujuan pariwisata. Saat ini berkembang sendiri-sendiri atau belum ada pengaturannya. Saya coba reses dengan mengundang Pemprov dan Pemkab Buleleng untuk menyatukan visi,” ujarnya.

Ia mengatakan pengembangan destinasi di Wanagiri sudah tentu diawali dengan penyusunan perencanaan induk (masterplan), dukungan regulasi, anggaran dan peran masyarakat atau desa pakraman,” ucap mantan Ketua DPD KNPI Bali.

BACA :  Pemkot Denpasar Canangkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Diskusi yang berkembang dalam reses tersebut, disimpulkan bahwa sangat mendesak dukungan Pemprov Bali berkoordinasi dengan Pemkab Buleleng untuk membuat perencanaan induk pengembangan Desa Wanagiri sebagai daerah tujuan pariwisata yang sangat potensial sehingga pengembangannya tetap memperhatikan aspek kawasan konservasi dan melibatkan masyarakat setempat.

“Menurut saya daerah ini berpotensi besar sebagai daerah tujuan pariwisata untuk mendukung pariwisata Bali bagian utara sehingga meningkatkan lenght of stay (lama waktu tinggal) wisatawan di Bali utara. Untuk itu di awal harus ditata dengan `masterplan` yang baik,” ungkapnya.

Di samping penyusunan perencanaan induk, juga diharapkan dukungan aspek regulasi.

Sehingga jelas dan tegas apa yang bolehatau tidak boleh dilakukan dalam konteks pembangunan sarana penunjang pariwisata di kawasan tersebut,” pungkasnya.

Seperti diketahui sejumlah destinasi wisata di Desa Wanagiri, di antaranya pemandangan Danau Tamblingan dan Buyan ke arah selatan, pemandangan Kota Singaraja dan laut ke arah utara, agrowisata, “tracking”, dan sekarang yang sedang berkembang pesat yakni wisata “selfie”.

Di sisi lain, Desa Wanagiri memiliki kawasan konservasi dengan berbagai jenis tumbuhan cemara langka.

BACA :  Mahasiswa Sulap Limbah Tahu dan Kotoran Sapi Jadi Biogas dalam Waktu Singkat
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular